Pengembangan Buku Ajar Fisika Dasar Berbasis Pictorial Riddle untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi

Nurhikmah Sasna Junaidi, Azmi Asra

Abstract


Pendidikan Biologi mempelajari Fisika dasar untuk mempermudah dalam mempelajari dasar-dasar bidang ilmu Biologi yang berkaitan erat dengan Fisika. Learning outcomes yang diharapkan dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk perkuliahan Fisika dasar yaitu mahasiswa mampu memahami dan menerapkannya dalam mempelajari bidang keilmuannya yaitu Biologi. Tujuan penelitian untuk mengetahui tahapan pengembangan buku ajar Fisika dasar berbasis pictorial riddle, validitas dan kepraktisan buku ajar. Penelitian menggunakan Model Plomp dengan tiga tahap: Preliminary research, prototyping or development, dan assessment. Populasi penelitian mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Data penelitian berupa kuesioner, angket validasi, kepraktisan, dan efektivitas. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Informasi yang diperoleh pada tahap preliminary research dalam pengembangan buku ajar Fisika dasar berbasis pictorial riddle untuk mahasiswa pendidikan Biologi. Validasi buku ajar dilakukan oleh evaluasi diri dan validasi ahli dengan empat validator dengan nilai 0,92 dikategorikan valid. Kepraktisan pada buku ajar melalui tahap one-to-one, kelompok kecil, dan kelompok besar dengan rata-rata nilai 87,1% untuk respon mahasiswa dan 88,5% untuk respon dosen. Hasil analisis field test pada tahap assessment dikategorikan sangat praktis dengan nilai 92,3%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar Fisika Dasar berbasis pictorial riddle untuk mahasiswa pendidikan Biologi dikategorikan valid dengan nilai 0,92 dan praktis digunakan oleh mahasiswa dan dosen dengan nilai 87,1% dan 88,5% serta hasil field test dengan nilai 92,3%.

Keywords


Biologi; Buku ajar; Fisika; Pictorial Riddle; Plomp

Full Text:

PDF

References


Depino, P. (2011). Yale-New Haven Teachers Institute: A Creative Classroom Model For a Sixth Grade Science Class.

Fatkhurrohman, M.A & Astuti, R.K. (2017). Pengembangan Modul Fisika Dasar I Berbasis Literasi Sains. Jurnal Pancasakti Science Education Journal PSEJ. 2(2):63-171.

Garungan, A (2004). Psikologi Sosial. Bandung:Rafika Aditama.

Hamruni. (2009). Strategi dan ModelModel Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs IPA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Permana, F.H. (2015). Pengembangan Buku Ajar Biologi Berbasis Blended Learning Sebagai Bekal Hidup Di Abad 21 Untuk Mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Plomp, T. (2013). Educational and Training System Design. Enschede. Netherlands:Univercity of Twente.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:DIVA Press.

Rachmawati W.S. (2004). Anatomi Buku Ajar. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sukmadinata & Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Viera, A.J & Garret, J.M. (2005). Understanding Interobserver Agreement The Kappa Statistic. Research. Journal Research Series. Vol.37 No.5 page 360-363.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats