Analisis Perbandingan Penentuan Hiposentrum Menggunakan Metode Grid Search, Geiger, dan Random Search: Studi Kasus pada Letusan Gunung Sinabung 2017

Abraham Arimuko, Adi Surya Widya Wibawa, Akmal Firmansyah

Abstract


Penentuan lokasi hiposentrum gempa Bumi penting untuk dilakukan dengan cepat dan tepat. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya gempa Bumi tersebut. Penelitian ini menggunakan input parameter hiposentrum awal, serta waktu penjalaran gelombang P. Data ini diperoleh dari BMKG Earthquakes Repository. Kejadian gempa Bumi yang digunakan adalah kejadian gempa Bumi pada 9 Februari 2017 dengan magnitudo gempa Bumi (MLv) 4,6 dan 4,2 pada kedalaman 10 km. Posisi stasiun pencatat gempa juga digunakan dalam proses perhitungan. Data tersebut diinversi untuk mendapatkan posisi hiposentrum baru sebagai hasil dari perhitungannya. Selain itu, hasil dari perhitungan ini adalah lama pemrosesan yang akan dianalisis dalam penelitian ini. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu metode grid search membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pemrosesan data dibandingkan metode Geiger karena iterasi Geiger cepat mendapatkan hasil optimum.

Keywords


hiposentrum, grid search, Geiger, random search

Full Text:

PDF

References


Arimuko, A., dkk. (2019). Model Kecepatan 1-D Gelombang P dan Gelombang S dari Data Hasil Relokasi Hiposenter di Wilayah Gunung Sinabung. Jurnal Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. 5 (3): 72-79.

Bormann, P. (2002). Global 1-D Earth models. GeoForschungsZentrum Potsdam, Telegrafenberg, D-14473 Potsdam, Germany.

Grandis, H. (2009). Pengantar Pemodelan Inversi. Himpunan Ahli Geofisika Indonesia. Jakarta 12540, Indonesia.

Geiger, L. (1910). Herdbestimmung bei Erdbeben aus den Ankunftszeiten. Nachrichten von der Königlichen Gesellschaft der Wissenschaften zu Göttingen, MathematischPhysikalische Klasse, 331-349. (1912 translated to English by F.W.L. Peebles and A.H.Corey: Probability method for the determination of earthquake epicenters from the arrival time only. Bulletin St. Louis University 8, 60-71).

Kanamori, H. (1972). Mechanism of Tsunami Earthquakes. Physics of the Earth Planetary Interiors. 11, pp. 312-332.

Nishi, K. (2005). Hypocenter Calculation Software GAD (Geiger’s method with Adaptive Damping). Silver Expert JICA Indonesia version 1.

Rodi, W. dan Toksoz, M. N. (2000). GridSearch Techniques for Seismic Event Location. Conference paper. Massachusetts Institute of Technology. Cambridge Earth Resources Lab.

Sambridge, M. dan Gallagher, K. (1993). Earthquake Hypocenter Location Using Genetic Algorithms. Bulletin Seismological Society of America. 83 (5): 1467-1491.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats