Analisis Instrumen Penilaian Tengah Semester IPA-Fisika Kelas IX SMPN 09 Kota Bengkulu

Eka Febriyanti, Winda Ayu Gustinova, Ahmad Walid

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk membahas hakikat belajar dan pembelajaran yang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa. Pembelajaran tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya interaksi antara komponen pembelajaran, maka diantara jenis komponen pembelajaran tersebut haruslah saling bekerja sama sehingga tercipta pembelajaran yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi pembelajaran fisika anak SMP 09 Kota Bengkulu terhadap materi sebelum ujian tengah semester tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh menggunakan perhitungan manual dengan bantuan program Excel. Hasil penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan validitas, soal no 1 dikategorikan predikat rendah, validitas butir soal 2 cukup, validitas butir soal ke 3 sangat rendah dan validitas butir soal 4-5 dikategorikan cukup. (2) Berdasarkan reliabilitas, dari hasil penelitian ini. Diperoleh bahwa soal ujian tengah semester ganjil untuk kelas 9 SMP Kota Bengkulu 2019/2020 tidak reliabel, (3) Berdasarkan daya pembeda, dari soal ujian juga rendah, hanya butir soal no 4 yang memiliki kategori cukup. (4) Untuk tingkat kesukarannya dari no 1 sampai no 5 dikategorikan ke kelompok mudah. Dari hasil penelitian yang dilakukan di dapatkan bahwasanya seluruh butir soal tergolong tes yang kurang baik. Dikarenakan validitas, reliabitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya tidak memenuhi skor standar yang dikategorikan baik

Full Text:

PDF

References


Zainal Arifin. 2017. Evaluasi Pembelajaran. PT.Remaja Rosdakarya: Bandung.

Harsiati Titik dan Ida Lestari.2019. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Edisi2). Universitas Terbuka: Yogyakarta.

Tim Direktorat Pembinaan SMP. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat PembinaanSMP: Jakarta)

Wicaksono Dirgantara. 2018. Evaluasi Pembelajaran.(mayasariyazid.blogspot.com/2018/04/evaluAsi-pembelajaran_27.html?m=1)

Achidiyat, Maman, dkk. 2017. Evaluasi Dalam Pembelajaran. Tanggerang : PustakaMandiri

Ariyana. 2019. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.Bengkulu:Universitas Samudra.

Hidayat Tatang dan Abas Asyafah.2019.Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam. Vol:10(1).

Anetha L.F, Tilaar dan Hasriyanti.2019.Analisi Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal pengukurasPsikologi dan Pendidikan Indonesia. Vol8(1).

Selly Yunita, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswa Kelas IX IPA SMAN 1Kepahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. Vol. 2(1).

Supiyansyah,dkk. 2017. Analisis Kualitas Soal Ulangan Akhir Semester Genap Pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.

Journal of Mechanical Engineering Education. Vol.4(1).

Brown, James Dean. 1994. Elements of Language Curriculum: A Systematic Approach to Program Development. Boston: Heinle and Heinle.

Hughes, Arthur. 2003. Testing for Language Teachers. 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press.

Pandjaitan, Mutiara O. 2003. Penilaian Berbasis Kelas dengan Portfolio. A Seminar paper presented at Indonesia University of Education.

Suherdi, Didi and Cece Rakhmat. 1998. Evaluasi Pengajaran. Proyek BP3GSD. Depdikbud RI.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Jakarta : Tamita Utama.

Rifa’i, Achmad. (2007). Evaluasi Pembelajaran. Semarang: UNNES Press

Said Hamid Hasan, Evaluasi kurikulum (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008), h. 223.

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), h. 69.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2552

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh:

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License