Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry

Nana Nana, Hadi Pramono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan kognitif siswa kelas X MIA I SMA Negeri 1 Ciamis tahun pelajaran 2014/2015 pada materi Gerak Lurus, (2) komunikasi ilmiah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif dengan model Kurt Lewin yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 34 siswa. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, ulangan harian, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis tahun pelajaran 2014/2015 pada materi Gerak Lurus. Pada penelitian ini ketercapaian kemampuan kognitif pada prasiklus hanya 47.06 %, kemudian pada siklus satu meningkat menjadi 70.59 %, dan pada siklus 2 menjadi 97.02 %. Penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan pada pra siklus, siklus I dan siklus II dengan target masing-masing indikator yakni 75%.

Keywords


Model Pembelajaran Inquiry, Komunikasi Ilmiah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i1.812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats