ANALISA STRUKTUR DERMAGA CARGO DENGAN KAPASITAS KAPAL 50.000 GT (Studi Kasus: Pelabuhan Kolaka Sulawesi Tenggara)

Edwar Hafudiansyah, Gary Raya Prima

Abstract


Transportasi laut sebagai sarana transportasi utama yang dikembangkan untuk menunjang aktifitas pemerataan ekonomi melalui persebaran barang. Pengembangan fasilitas transportasi laut seperti pelabuhan wajib dilakukan guna mendukung kegiatan bongkar dan muat barang. Oleh karena itu, diperlukan dermaga cargo sebagai fasilitas bongkar muat barang dari dan menuju pelabuhan yang aman dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung kekuatan struktur dermaga cargo dengan rencana kapasitas kapal 50.000 GT di Pelabuhan Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara. Analisa strtuktur dilakukan dengan analisa kapasitas tiang dan Analisa joint displacement. Perhitungan kekuatan elemen tiang pancang pada dermaga dianalisis menggunakan program SAP 2000. Untuk tanah yang dimodelkan sebagai tumpuan elastis, kemampuan untuk mendukung beban, tergantung dari besarnya modulus of subgrade reaction dari tanah. Pemodelan tiang yang tertanam dimodelkan dengan gaya spring nonlinier. Hasil analisis dengan analisa kapasitas tiang pancang dengan dimensi 914,4 mm dengan tebal 19 mm menghasilkan rasio kapasitas 0,36. Hasil Analisa joint displacement pada kondisi layan atau operasional sebesar 38,31 mm dan pada kondisi gempa sebesar 16,41 mm.

 

Kata Kunci : dermaga cargo,  joint displacement, kapasitas tiang, transportasi laut, tumpuan elastis.


Full Text:

PDF

References


Undang – Undang Republik Indonesia No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Triatmodjo, B. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Penerbit BETA OFFSET Edisi Pertama, Yogyakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, 2015. Rencana Induk Pelabuhan Kolaka.

Triatmodjo, B. 1999. Teknik Pantai. Penerbit BETA OFFSET Edisi Pertama, Yogyakarta.

SNI 03-1726-2012. 2012. Tata Cara Perhitungan Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

NIST CGR 12-917-21. 2012. Soil - Structure Interaction for Building Structure. U.S. Department of Commerce : National Institute of Standards and Technology.

Sosrodarsono, Suyono, dan Nakazawa, Kazuto, 2000, Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi, Pradnya Paramitha, Jakarta

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 2015. Tata Cara Perhitungan Struktur Fasilitas Pelabuhan Laut.

SNI-2833-2016. 2016. Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: