KAJIAN KEKERINGAN MENGGUNAKAN METODE THEORY OF RUN DAN STANDARIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) DI SUB DAS CIMULU

Novia Komala Sari, Nofriadi Nofriadi, Pengki Irawan

Abstract


Kekeringan menjadai bencana di Indonesia beberapa tahun terakhir. Kekeringan terjadi pada musim kering hingga musim basah. Sub das Cimulu merupakan salah satu sub  das di  DAS cintanduy hulu yang terletak dikabupaten tasikmalaya. Metode analisis kekeringan yang digunakan adalah Theory Of Run dan Standardized Pricipitation Index (SPI). Analisis mengunakan metode theory of run mengambarkan durasi kekeringan dan jumlah kekeringan. Untuk metode SPI diperoleh tingkat kekeringan pada masing – masing stasiun hujan. Hasil analisis dengan menggunakan theoryof  run diperoleh durasi kekeringan terpanjang selama 13 bulan terjadi di stasiun cikunten dan cigede. Jumlah kekeringan terpanjang sebesar 434 mm di stasisun cimulu.  Metode analisis dengan SPI diperoleh nilai SPI yang bervariasi dari positif hingga negatif pada masing – masing stasiun. Kondisi amat sangat kering dengan persentase sebesar 25% terjadi pada tahun 2015 disemua stasiun hujan. Analisis dengan menggunakan theory run off dan SPI mendapatkan hasil analisis yang sama pada stasiun hujan cimulu dengan kondisi tingkat kekeringan amat sangat kering pada tahun 2015.

 

Kata Kunci: kekeringan, theory of run, SPI


Full Text:

PDF

References


Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah, No. 360/KPTS/M/2004, “Pedoman konstruksi dan bangunan sipil No. Pd T-02-2004-A,2004,” dalam Perhitungan Indeks Kekeringan Dengan Menggunakan Teori Run, 2004.

Asri Syahrial,Azmeri,Ella Meilianda, “Analisis Kekeringan Menggunakan Metode Theory of Run di DAS Krueng Aceh,” Jurnal Teoretis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, vol. Vol. 24 No. 2 Agustus 2017, 2017.

S. S. &. K. Takeda, Hidrologi Untuk Pengairan, Jakarta, 2003.

I. M. Kamiana, Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

M. Hayes, “Revisiting The SPI : Clarifying The Process,” Vol. 12 No.1, 2000.

V. Yevjevich, “ An Objective Approach to Definition and inverstigation of continental Hyrologic Drought,” Hyrology paper, Vol 23, Colorado State University, Fort Collins,, 1967.

Soewarno, “Hidrologi,” Aplikasi Metode Statistik Untuk Analisa Data Jilid 1, Bandung, Nova, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: