ANALISIS KINERJA RUAS JALAN RAYA CITAYAM BERDASARKAN METODE MKJI 1997

Hari Susanto

Abstract


Abstrak 

Kinerja jalan merupakan ukuran kuantitatif yang menggambarkan kondisi tertentu yang terjadi pada suatu ruas jalan. Jalan Raya Citayam KM 0+300 sampai KM 0+50 0 berada di depan area stasiun. Selain itu, tanah di sepanjang jalan digunakan sebagai area komersial. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah lalu lintas, dan menjadikan lokasi sebagai kawasan yang padat, karena banyaknya aktivitas di pinggir jalan, seperti kendaraan yang berhenti baik kendaraan yang berhenti untuk parkir maupun kendaraan yang berhenti sebentar untuk naik/turun penumpang, pejalan kaki yang melintasi atau melewati jalan, kendaraan yang berjalan lambat, dan kendaraan yang masuk dan keluar dari sisi jalur lalu lintas, serta memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Analisis dilakukan berdasarkan pedoman MKJI 1997. Data observasi di lokasi penelitian yang dibutuhkan adalah data geometrik, data kejadian hambatan samping, data volume kendaraan, dan data kecepatan kendaraan. Penelitian dilakukan pada jam sibuk selama 3 (tiga) hari. Dan berdasarkan perhitungan memiliki kecepatan arus bebas sebesar 51,405 km/jam, kapasitas jalan 1477 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,87. maka rekomendasi yang tepat untuk dilakukan adalah memperlebar jalur lalu lintas yang semula 2 lajur tak terbagi (2/2UD) menjadi 4 lajur tak terbagi (4/2UD).

Kata kunciDerajat kejenuhan, kecepatan, tingkat  pelayanan jalan 


Full Text:

PDF

References


. Anonim, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), PT. Bina Karya.

Edward K. Morlok. 1978. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga, Jakarta.

. Peratutan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan.

. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

. Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.

. S. Indriany and W. Wijaya, "pengaruh perlintasan kereta api terhadap kinerja jalan raya citayam," Konferensi Nasional Teknik Sipil, pp. 1-8, 2013.

. D. P. Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Jalan Kota (BINKOT), 1997.

. D. J. B. M. D. P. J. Kota, Tata Cara Pelaksanaan Survey dan Perhitungan Lalu-lintas Cara manual, 016/T/BNKT/1990, 1990.

. K. B. Setyanto, "Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Prof. Dr. Satrio DKI Jakarta," Jurnal Perencanaan Wilayah Kota, vol. 20, pp. 215-230, Desember 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: