MANAJEMEN RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAHASISWA UIN WALISONGO TAHUN 2021

Muhammad Afiq

Abstract


Abstrak   

Proyek pembangunan suatu gedung merupakan sebuah proyek dengan sumber daya tertentu dan batas waktu tertentu untuk mendapatkan hasil konstruksi. Proyek pembangunan Gedung Asrama Mahasiswa UIN Walisongo Tahun 2021 ini sudah direncanakan dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi dalam pelaksanaannya pasti terdapat risiko-risiko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko pada pelaksanaan konstruksi proyek pembangunan gedung Asrama Mahasiswa UIN Walisongo Semarang serta bagaimana respon risikonya. Analisis risiko menggunakan evaluasi kuesioner dengan skala Likert. Responden yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling, yaitu para pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proyek konstruksi Asrama Mahasiswa UIN Walisongo Tahun 2021. Sumber data atau responden dari penelitian ini adalah pimpinan kontraktor PT. Chimarder 777, dan pimpinan konsultan pengawas manajemen konstruksi CV. Prambanan. Analisis penerimaan risiko  ditentukan berdasarkan nilai risiko yang diperoleh dari hasil perkalian antara kemungkinan dengan konsekuensi. Kesimpulannya, teridentifikasi 43 risiko selama pelaksanaan proyek konstruksi Asrama Mahasiswa UIN Walisongo Tahun 2021. Terdapat 37 risiko dominan, yang terdiri dari 5 risiko yang tidak dapat diterima dan 32 risiko yang tidak terduga yang berasal dari proyek. Untuk penanganannya, ada 10 tindakan penanganan pada risiko yang tidak dapat diterima, dan 41 tindakan penanganan pada risiko yang tidak terduga. Penanganan risiko dilakukan untuk meminimalkan risiko perjanjian kontrak karena perbedaan biaya, kualitas dan waktu, serta untuk menghindari sanksi-sanksi ataupun denda.

Kata kunci: Manajemen risiko, identifikasi risiko, penanganan risiko.

Full Text:

PDF

References


C. Duffield dan B. Trigunarsyah, “Project Management- Conception To Completion,” Australia: Engineering Education Australia (EEA), 1999.

D. Berkeley, dkk., “Project Risk Action Management,” Construction Management and Economics, vol. 9, pp. 3- 17, 1991.

E. J. Vaughan, “Fundamental of Risk and Insurance,” New York: John Willey & Sons Inc, 1978.

Erik W. Larson dan Clifford F. Gray, “Project Management the Managerial Process,” Mc Graw Hill, 2003.

H. Darmawi, “Manajemen Risiko,” Cetakan ke sepuluh, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

I Soeharto, “Manajemen Proyek: dari Konseptual Sampai Operasional,” Jakarta: Erlangga, 1995.

M. S. Soemarno, “Risiko Penggunaan Lahan dan Analisisnya Laboratorium PPJP Jurusan Tanah,” Malang: FBUP, 2007.

Mastura Labombang, “Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi,” Jurnal Smartek, vol. 9 no. 1. pp. 39-46, 2011.

N. Norken, dkk., “Manajemen Risiko Pada Proyek Konstruksi di Pemerintah Kabupaten Jembrana,” Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, vol. 16, no. 2, pp.202-211, 2012.

P.S. Godfrey, dkk., “Control of Risk a Guide to Systematic Management of Risk from Construction. Westminster,” London: Construction Industry Research and Information Association (CIRIA), 1996.

P.A. Thompson dan J.G. Perry, “Engineering Construction Risk,” London: Thomas Telford Ltd., 1991.

P. H. Rahayu, “Asuransi Contractor’s All Risk sebagai Alternatif Pengalihan Risiko Proyek dalam Industri Konstruksi Indonesia,” 2001.

R. Flanagan dan Norman G, “Risk Management and Construction,” Cambridge: University Press, 1993.

Rosady Ruslan, “Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi,” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

S. Anderson, “Risk Identification and Assessment,” USA: PMI Virtual Library, 2009.

T.M. William, “Risk Management Infrastructure”, International Journal of Project Management, vol. 11, no. 1, pp. 5-10, 1993.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: