HUBUNGAN ANTARA KINERJA PENYULUH KEHUTANAN DENGAN PARTISIPASI PETANI DALAM PENGELOLAAN HUTAN RAKYAT

Dadan Hardianto, Dedi Sufyadi, Suharjadinata Suharjadinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kinerja penyuluh kehutanan dalam membina Kelompok Tani Hutan Rakyat di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, 2) Tingkat partisipasi petani dalam megelola hutan rakyat di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis dan 3) Hubungan antara kinerja penyuluh kehutanan dengan tingkat partisipasi petani yang tergabung pada Kelompok Tani Hutan Rakyat dalam mengelola hutan rakyat di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah survey, dengan mengambil petani pengelola hutan rakyat sebagai reponden sebanyak 92 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan  Stratifaid random sampling dari 14 Kelompok Tani Hutan rakyat yang tersebar pada 4 Desa di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kinerja penyuluh kehutanan dalam membina Kelompok Tani Hutan Rakyat di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 42,42 dari skor harapan 54 dan nilai tertimbang sebesar 70,95 persen, 2) Tingkat partisipasi petani dalam megelola hutan rakyat di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis masuk dalam kategori tinggi, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 49,89 dari skor harapan 66 dengan nilai tertimbang 70,95 persen, 3) Terdapat hubungan yang sangat nyata antara variabel kinerja penyuluh kehutanan dengan tingkat partisipasi petani yang tergabung pada Kelompok Tani Hutan Rakyat dalam mengelola hutan rakyat di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis.


Full Text:

PDF

References


Andriani, K. 2003. Strategi Peningkatan Efisiensi Usaha Perhutanan Rakyat. Jurnal Hutan Rakyat Volume 1 Tahun 2003. Pp : 17-29.

Djoni. 2008. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Kasus: Kelembagaan Kelompok Tani Pelaku Usahatani Tani Terpadu di Jawa Barat. Tasikmalaya: Program Pascasarjana Universitas Siliwangi. Tasikmalaya

Fauzi, A. 2000. Highlight Penelitian Sosial Ekonomi-Suatu Pendekatan Non Teknis. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Bogor.

Mardikanto T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta

. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. UNS Press. Sebelas Maret. Surakarta.

Sudrajat, M.S.W. 1999. Statistik Non Parametrik. Armico, Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta: Bandung.

Surakhmad, W. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik.PT. Tarsito Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.