PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH (Survei pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Lebak)

Iman Sampurna

Abstract


Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan secara bersama-sama/parsial terhadap motivasi belajar Sejarah. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Lebak. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap motivasi belajar Sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 35,705; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar Sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,788; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap motivasi belajar Sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,776. Hal ini berarti bahwa untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah siswa, guru perlu mengoptimalkan kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan.


Keywords


Kecerdasan Interpersonal, Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Sejarah

Full Text:

PDF 39-47

References


A.M. Sardiman. 2003. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Goleman, D. 2007. Sosial intelligence. Jakarta: Gramedia.

Gora, W. dan Sunarto. 2010. Pakematik: strategi pembelajaran inovatif berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Lembaga Ketahanan Nasional. 2007. Disiplin nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Lwin, M. 2008. Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan. Jakarta: Indeks.

Mahmud, D. 2009. Psikologi pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Makmun, A.S. 2007. Psikologi kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusyandi, T dan D.H.J. 2007. Penerapan gerakan disiplin nasional dalam proses pembelajaran. Cianjur: Kandaga Cipta Karya.

Schaefer, C. 2006. Cara efektif mendidik dan mendisiplinkan anak. Jakarta: Mitra Utama.

Suparno, P. 2004. Teori inteligensi ganda, dan aplikasinya di sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi pengajaran .Yogyakarta: Media Abadi.

Wiriaatmadja, R. 2007. Pendidikan sejarah indonesia, perspektif lokal, nasional dan global. Bandung: Historia Utama Press.

Yusuf, S. 2001. Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: