Analisis Perjuangan Susilo Bambang Yudhoyono dalam Merawat Demokrasi Indonesia

Dwi Ayu Suetha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perjuangan Susilo Bambang Yudhoyono dalam Merawat Demokrasi di Indonesia. Selama mas kepemimpinan banyak kebijakan dan perundang-undagan yang dibuat untuk mendorong dan mengembangkan Indonesia kea arah yang lebih baik, baik itu secara ekonomi, budaya maupun politik yang salah satunya berhubungan dengan demokrasi yang berlangsung.  Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode historis atau metode sejarah dengan pendekatan studi pustaka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perjuangan SBY dalam merawat demokrasi yang berlangsung di Indonesia. Hasil analisis menunjukan bahwa selama masa kepemimpinnya, SBY berusaha membangun pemerintahan yang kuat, transparan dan akuntabel. Pemerintahan dirancang harus dapat merespon aspirasi rakyat menjadi program yang terealisasi. Pemerintahan dibuat seterbuka mungkin dan menyatu dengn lingkungan masyarakat luas.

Kata Kunci: Perjuangan; SBY; Demokrasi Indonesia.

 

Keywords


Perjuangan; SBY; Demokrasi Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS

Hardi, Prasetyo. (2002). Buku Putih Departemen Pertambangan dan Energi Tahun 2000, (tt) Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum. (2000). Buku Evaluasi Pelanggaran dan Kecurangan Pemilihan Umum Tahun 1999. Jakarta.

Musajabe, Herman. (1993). Mayor Jendral, Tantangan Pembangunan: Dinamika Pemikiran Seskoas 1992-1993. Bandung: Forum Pengkajian Seskoad.

Mustofa, Kurdi dan A Yani Wahid. (2003). Susilo Bambang Yudhoyono dalam 5 Hari Mandat Maklumat. Jakarta: Aksara Kurnia.

Nyak Baik, Ridwan. (2000). Refleksi Transformasi Pertamina Dalam Editorial Buletin Pertamina 1998-2004. Jakarta: Humas Korporat PT Pertamina (Persero).


Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 540 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: