Penanaman Nilai-nilai Sejarah Lokal melalui Forum Diskusi Komunitas Sejarah

Christianto Dedy Setyawan, Sariyatun Sariyatun, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati Indrawati

Abstract


Keberadaan sejarah lokal di suatu masyarakat berkaitan dengan nilai-nilai sejarah yang terdapat di lingkungan sekitar. Sayangnya selama ini sejarah lokal kurang diperhatikan oleh seluruh masyarakat. Keberadaannya diakui namun tidak terungkap dengan luas dan jelas. Masyarakat cenderung menggandrungi sejarah dalam lingkup yang lebih luas. Fenomena seperti ini menurun antar generasi hingga kalangan anak muda masa kini. Hal ini patut disayangkan sebab banyak nilai-nilai kearifan lokal yang dapat diambil makna pentingnya dari sejarah lokal. Keberadaan forum yang membahas sejarah lokal menjadi penting agar pewarisan hal-hal positif dari sejarah lokal tidak punah tergerus zaman. Soeracarta Heritage Society merupakan salah satu forum diskusi yang membahas mengenai sejarah lokal, kebudayaan, dan upaya pelestariannya di lingkup wilayah Surakarta. Forum diskusi diadakan secara rutin untuk mengenalkan sejarah lokal kepada masyarakat umum. Artikel ini bertujuan (1) mendeskripsikan posisi sejarah lokal dalam kehidupan lingkungan masyarakat dan (2) menjelaskan pentingnya forum diskusi publik dalam upaya penanaman nilai-nilai sejarah lokal kepada generasi muda. Penulisan ini dilakukan secara deskriptif analitis dengan studi pustaka. Hasilnya diperoleh: (1) Sejarah lokal berperan dalam menciptakan kesadaran sejarah di lingkungan masyarakat. Eksistensi sejarah lokal berdampak positif dalam menumbuhkan kecintaan pada sejarah. (2) Forum diskusi publik sebagai ajang masyarakat untuk bertemu, menyampaikan pemikiran, dan berdialog bersama membahas sejarah lokal dari berbagai aspek. Terdapat pendidikan nilai yang terdapat dalam sejarah lokal di Surakarta baik dalam aspek peristiwa, ketokohan, atau bangunan.

Kata Kunci: Forum diskusi publik, Generasi muda, Kesadaran sejarah, Pendidikan nilai, Sejarah lokal

The existence of local history in a society is related to the historical values found in the surrounding environment. Unfortunately, local history has not been paid much attention to by the whole community. Its existence is acknowledged but not widely and clearly revealed. Society tends to love history in a wider scope. This phenomenon has decreased between generations to today's young people. This is unfortunate because there are many values of local wisdom that can be taken from the importance of local history. The existence of a forum that discusses local history is important so that the inheritance of positive things from local history is not eroded by time. Soeracarta Heritage Society is one of the discussion forums that discuss local history, culture, and conservation efforts in the Surakarta area. Discussion forums are held regularly to introduce local history to the general public. This article aims to (1) describe the position of local history in the life of the community and (2) explain the importance of public discussion forums in an effort to instill local historical values into the younger generation. This writing was done in a descriptive-analytical manner with a literature study. The results obtained: (1) Local history plays a role in creating historical awareness in the community. The existence of local history has a positive impact in fostering a love of history. (2) Public discussion forums as an arena for the community to meet, share ideas and have a dialogue together to discuss local history from various aspects. There is value education contained in local history in Surakarta both in the aspect of events, figures, or buildings.

Keywords: Public discussion forums, Young generation, Historical awareness, Value education, Local history


Keywords


Forum diskusi publik, Generasi muda, Kesadaran sejarah, Pendidikan nilai, Sejarah lokal

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. 2010. Sejarah Lokal di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Asmara, Yeni. 2019. Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontekstual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial - Humaniora, 2 (2). https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Basundoro, Purnawan. 2016. Pengantar Sejarah Kota. Yogyakarta: Ombak.

Bramantyo, Kresno. 2016, 29 Januari. Sejarah Publik dan Agen Perubahan. Tempo, hlm.11.

Ghufron, M. Nur & S, Rini Risnawita. 2014. Gaya Belajar: Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuntowijoyo. 2008. Penjelasan Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Margono, Sri & Nursam, M (ed.). 2010. Kota-Kota di Jawa: Identitas, Gaya Hidup, dan Permasalahan Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Maryoto, Andreas. 2020, 8 Mei. Heri Priyatmoko: Menjaga Ingatan tentang Solo. Kompas, hlm.16.

Pranoto, Suhartono W. 2014. Teori & Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Priyadi, Sugeng. 2015. Sejarah Lokal: Konsep, Metode, dan Tantangannya. Yogyakarta: Ombak.

Priyatmoko, Heri. 2019, 28 Mei. Kiprah dan Spirit Komunitas Sejarah di Solo. Solopos, hlm.4.

Rahayu, Tri. 2020, 26 Februari. Pegiat Komunitas Sejarah Belajar Toponimi Desa. Solopos, hlm.5.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Sirnayatin, Titin Ariska. 2017. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 1 (3). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171

Wartoyo, F.X. (2012). Pengantar Sejarah Lokal. Surakarta: Cakrawala Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: