TJOKROAMINOTO: SOSIALISME ISLAM

Septian Teguh Wijiyanto, Ajat Sudrajat

Abstract


H. O. S. Tjokroaminoto merupakan tokoh pergerakan yang sangat berpengaruh di Indonesia, terutama pemikiran-pemikirannya terkait Sosialisme Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) dasar pemikiran sosialisme; (2) sosialisme Barat dan sosialisme Islam; (3) pemikiran sosialisme Islam Tjokroaminoto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah oleh Kuntowijoyo yang terdiri dari lima tahap. Tahap yang pertama adalah pemilihan topik. Tahap kedua adalah pengumpulan sumber baik sumber primer maupun sekunder. Tahap ketiga adalah verifikasi atau kritik sumber. Tahap keempat adalah interpretasi untuk menafsirkan fakta-fakta sejarah yang ditemukan. Tahap kelima adalah historiografi atau penulisan sejarah. Hasil penelitian ini adalah: (1) Sosialisme Barat lahir dari masyarakat industri Eropa pada abad ke-19 dimana terjadi ketimpangan kondisi sosial, ekonomi, dan politik. Sosialisme Barat tidak terkait dengan kondisi agama. (2) Prinsip keadilan, kesetaraan, dan persaudaraan merupakan prinsip yang dipegang teguh baik oleh sosialisme Islam maupun sosialisme Barat. Sosialisme Islam dibangun atas dasar ketentuan atau aturan-aturan berdasarkan firman Allah dan hadist Rasulullah. Sosialisme Islam juga dibangun atas dasar keyakinan terhadap keberadaan Allah sebagai zat yang Maha Kuasa. (3) Pemikiran politik H.O.S. Tjokroaminoto tentang sosialisme Islam memberikan gambaran tentang paham sosialisme yang dibangun atas dasar ajaran agama Islam, yang bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah. Sosialisme Islam yang dikemukakan oleh Tjokroaminoto merupakan sosialisme yang telah berjalan sejak masa kepemimpinan Rasulullah S.A.W dan para sahabatnya. Dengan demikian sosialisme Islam tidaklah dipengaruhi oleh paham sosialisme yang berasal dari Barat yang baru berkembang pada abad ke-19.

Keywords


Islam, Sosialisme, Tjokroaminoto

Full Text:

PDF 1-12

References


Ball, Terence and Richard Dagger. 2004. Political Ideologies and the Democratic Ideal. New York: Pearson.

Blaisdell, Bob (ed.). 2003. The Communist Manifesto and Other Revolutionary Writings: Marx, Marat, Paine, Mao, Gandhi, and Others. New York: Dover Publication Inc.

Danziger, James N. 2005. Understanding the Political World: A Comparative Introduction to Political Science. New York: Pearson.

Feith, Herbert Feith and Lance Castles. 2007. Indonesian Political Thinking 1945-1965. Jakarta: Equinox.

Gonggong, Anhar. H.O.S. 1985. Tjokroaminoto. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hoffman, John and Paul Graham. 2009. Introduction to Political Theory. New York: Pearson.

Kuntowijoyo. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Marihandono, Djoko.dkk., 2015. H.O.S Tjokroaminoto Penyemai Pergerakan Kebangsaan dan Kemerdekaan. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional.

Mustafield, J. D. P. 2000. Lanskap Sosialisme Religius: Suatu Jalan Keempat. Yogyakarta: Kreasin Wacana.

Nasihin. 2012. Sarekat Islam Mencari Ideologi 1924-1945. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Niel, Robert van. 2009. Munculnya Elit Modern Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Shimogaki, Kazuo. 1993. Kiri Islam antara Modernisme dan Postmodernisme, Telaah Kritis Pemikiran Hassan Hanafi. Yogyakarta: LKis.

Subekti, Valina Singka. 2014. Partai Syarikat Islam Indonesia, Kontestasi Politik hingga Konflik Kekuasaan Elite. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Supriyadi, Eko. 2003. Sosialisme Islam: Pemikiran Ali Syari’ati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suradji. 1965. Istilah-Istilah Sosialisme. Jakarta: Haruman Hidup.

Tjokroaminoto, H.O.S. 2010. Islam dan Sosialisme. Bandung: Sega Arsy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: