Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS)?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

Jurnal Innovation and Research of Informatics (INNOVATICS)


Petunjuk Umum

Jurnal Innovation and Research of Informatics (INNOVATICS) diterbitkan oleh Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Jurnal INNOVATICS memuat artikel ilmiah hasil penelitian topik-topik yang relevan dengan bidang bidang Informatika dan Teknologi Informasi. Artikel yang diusulkan untuk dimuat dalam Jurnal INNOVATICS haruslah tulisan yang belum pernah dipublikasi dalam jurnal ilmiah lainnya. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan menggunakan kaidah bahasa tulis yang baik dan benar.

Artikel atau naskah diketik pada kertas berukuran standar A4 (21 cm x 29,7 cm) dalam format dua kolom dan satu spasi. Gunakan margin 3-3-2-2 cm (left-top-right-bottom), lebar tiap kolom 7,5 cm dengan jarak antar kolom 1 cm, menggunakan huruf Times New Roman 10 point dengan spasi tunggal. Setiap awal paragraf ditulis menjorok (first line) 0,5 cm. Jumlah halaman pada naskah 8 sampai dengan 12 halaman. Pengiriman naskah ke jurnal INNOVATICS harus mengikuti template yang telah disediakan dan dikirim melalui website http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/innovatics dengan. 

Petunjuk Khusus

Penulisan naskah diawali dengan judul. Judul, harus ditulis secara ringkas dan menggambarkan isi naskah. Dalam penulisan judul hindari penulisan sub judul atau studi kasus. Pola penulisan judul biasanya terdiri dari: Metode/Teknik/Algoritma, Tujuan, Objek penelitian. Nama penulis (tanpa gelar akademik); Afiliasi penulis; Alamat email. Abstrak (150 – 250 kata) ditulis dalam bahasa  Inggris; kata kunci (3-5 kata). Bagian isi naskah terdiri dari: Pendahuluan, Ulasan Penelitian Terkait, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka.

Pendahuluan, memuat latar belakang masalah dari penelitian yang dilakukan atau ruang lingkup penelitian. Alur penulisan latar belakang masalah dapat mengikuti pola berikut: objek penelitian, metode-metode yang telah digunakan untuk memecahkan masalah serupa dalam penelitian sebelumnya, kelebihan dan kelemahan metode yang ada, metode yang dipilih untuk menyelesaikan masalah dan rangkuman tujuan penelitian. Masalah penelitian harus objektif, dibuktikan secara logis dan valid yang ditunjang dengan literatur terbaru dengan cara melakukan sitasi. Ulasan Penelitian Terkait, berisi kajian penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan. 

Metodologi berisi tahapan atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam menyelesaikan masalah pada penelitian. Hasil dan Pembahasan berisi hasil implementasi dan pengujian pada percobaan yang dilakukan serta analisis hasil pelaksanaan penelitian secara keseluruhan. Kesimpulan, berisi pernyataan singkat tentang hasil analisis dari penelitian yang dilakukan. Daftar Pustaka, hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk atau disitasi dan wajib menggunakan alat bantu pengelola referensi seperti: Mendeley, Zotero atau lainnya. Referensi diutamakan berasal dari paper hasil publikasi dari jurnal nasional atau internasional, minimal 10 paper dengan usia paper tidak lebih dari 10 tahun.

ULASAN PENELITIAN TERKAIT

Ulasan penelitian terkait bukan berisi definisi teoritis dari term atau istilah umum yang berkaitan dengan penelitian atau definisi dari simbol flowchart, simbol DFD, simbol UML atau definisi perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian. Ulasan penelitian terkait berisi uraian penelitian yang telah dilakukan peneliti lain sebelumnya, yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Uraian ini perlu disertakan untuk memperdalam pengetahuan tentang bidang yang diteliti, mengetahui hasil penelitian yang berhubungan dan yang sudah pernah dilaksanakan (related research), mengetahui perkembangan ilmu pada bidang yang dipilih (state-of-the-art) dan memperjelas masalah penelitian. Ulasan penelitian terkait ditulis dalam bentuk paragraf, yang disertai kutipan (sitasi) penelitian terkait sebelumnya. Bagian ini ditutup dengan rangkuman tujuan penelitian yang akan dilakukan.

METODOLOGI

Metodologi berisi tahapan teknis yang akan dilakukan pada tahap penelitian. 

  1. Penulisan Rumus

Semua rumus atau persamaan ditulis dengan menggunakan equation editor atau Math Type (http://www.mathtype.com). Penulisan persamaan dimulai pada batas kiri, rata dengan kalimat tepat diatasnya. Jarak baris yang digunakan antara persamaan dengan kalimat diatasnya dan dibawahnya adalah 1,5 (satu setengah) spasi.

Persamaan matematika harus diberi nomor urut dalam kurung biasa dan harus diacu dalam tulisan. Persamaan matematika dinomori dengan angka Arab di dalam tanda kurung buka-tutup pada posisi rata kanan kolom. Untuk persamaan yang tidak cukup ditulis dalam lebar 1 kolom,  penulisannya dapat melintasi 2 kolom, ditulis di bagian bawah halaman dan diberi nomor urut yang sesuai. Simbol di dalam persamaan harus didefinisikan dan dapat dituliskan sebelum atau setelah persamaan. 

Semua tabel dan gambar harus jelas/tidak kabur/buram. Ukuran huruf pada tabel dan gambar harus dapat dibaca oleh mata normal dengan mudah. Posisi tabel atau gambar sebaiknya terletak di bagian atas atau bawah halaman pada tiap kolom. Tabel dan gambar diletakkan pada posisi tengah setiap kolom (center alignment).

  1.  Penulisan Tabel 

Nomor dan judul tabel ditulis di posisi tengah kolom (center alignment).Tabel dinomori dengan angka arab sesuai dengan urutannya. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel (font effect : small caps), kecuali untuk kata sambung dan kata depan. Ukuran huruf untuk judul tabel dan isi tabel adalah 8 (delapan). Sisi paling luar tabel tidak boleh melebihi batas margin kolom. Jika ukuran tabel tidak cukup ditulis dalam lebar 1 (satu), maka penulisannya dapat melintasi 2 kolom. Jarak baris yang digunakan antara tabel dengan kalimat diatasnya dan dibawahnya adalah 1 (satu) baris kosong. Tabel wajib menggunakan layout sesuai dengan Tabel 1 tanpa menggunakan garis lurus/vertikal. Setiap tabel harus diacu dalam tulisan dengan disertai nomor tabel dan diawali dengan huruf besar, misalnya Tabel 1.

Penggunaan Gambar

Nomor dan judul gambar ditulis di posisi tengah kolom(center alignment). Nomor gambar ditulis sesuai dengan urutannya menggunakan angka arab. Judul gambar ditulis dibagian bawah gambar (font effect : small caps), kecuali untuk kata sambung kata sambung dan kata depan. Judul gambar menggunakan ukuran huruf 8 (delapan). Gambar tidak boleh melebihi batas margin dari tiap kolom, kecuali jika ukuran gambar yang besar tidak cukup dalam 1 kolom, maka dapat melintasi 2 kolom.

Jarak baris yang digunakan antara gambar dengan kalimat diatasnya dan dibawahnya adalah 1 (satu) baris kosong. Usahakan gambar tidak berwarna/hitam putih (kecuali penggunaan warna pada gambar sangat diperlukan/tidak bisa dihindari) dan jika dicetak dalam hitam putih bisa dibedakan. Jika gambar berupa grafik harus jelas perbedaan antara satu sama lain dengan menggunakan jenis line dan marker yang berbeda-beda. Setiap gambar harus diacu dalam tulisan dengan disertai nomor gambar dan diawali dengan huruf besar, misalnya Gambar 1.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini berisi implementasi dari tahapan yang telah direncanakan pada bagian Metodologi, termasuk pengujian dan analisis hasil pengujian atau analisis hasil penelitian secara umum. Pada bagian ini dapat dilengkapi tabel atau gambar.

KESIMPULAN

Kesimpulan merupakan pernyataan singkat yang menggambarkan jawaban dari tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan. Bila perlu dibagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang dapat dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut. Kesimpulan dituliskan dalam bentuk paragraf. Numbering tidak diperkenankan di bab ini. Subbab (misalnya:  5.1 Kesimpulan, 5.2 Saran) juga tidak diperkenankan dalam bab ini.

DAFTAR PUSTAKA

Sumber pustaka/rujukan sedapat mungkin merupakan terbitan 10 tahun terakhir. Pustaka yang diutamakan adalah paper publikasi hasil penelitian dalam jurnal nasional atau internasional, konferensi dan/atau majalah ilmiah. Pustaka lain dapat berupa buku teks atau laporan penelitian (termasuk Skripsi/Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi), akan tetapi diusahakan tidak melebihi 20% dari seluruh jumlah sumber pustaka. Daftar pustaka wajib dibuat menggunakan alat bantu pengelola referensi seperti: Mendeley, Zotero atau lainnya.

Penulisan sumber pustaka dan cara mengacu menggunakan aturan IEEE. Petunjuk lebih lengkap mengenai aturan IEEE dapat dibaca pada link https://pitt.libguides.com/citationhelp/ieee. Beberapa contoh  penulisan sumber pustaka dapat dilihat di bagian Daftar Pustaka.

[1] T. Vaughan, Multimedia Making It Work, Sixth Edition, New York: McGraw-Hill Companies, 2004. 

[2] A. Rahmatulloh dan F. MSN, “Implementasi Load Balancing Web Server menggunakan Haproxy dan Sinkronisasi File pada Sistem Informasi Akademik Universitas Siliwangi,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 241-248, 2017. 

[3] R. T. Fielding dan R. N. Taylor, “Principled design of the modern Web architecture,” ACM Transactions on Internet Technology (TOIT), vol. 2, no. 2, pp. 115-150 , 2002. 

[4] K. Gottschalk, S. Graham, H. Kreger dan J. Snell, “Introduction to Web services architecture,” IBM SYSTEMS JOURNAL, vol. 41, no. No. 2, 2002. 

[5] C. Pavlovski, C. Warwar, B. Paskin dan G. Chan, “Unified Framework for Multifactor Authentication,” 22nd International Conference on Telecommunications (ICT 2015), pp. 209-213, 2015. 


Pemuatan Artikel dalam Jurnal INNOVATICS

Pengiriman naskah ke jurnal INNOVATICS harus mengikuti template yang telah disediakan dan dikirim melalui website http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/innovatics. Naskah yang telah diterima redaksi Jurnal akan melalui suatu proses review oleh Dewan Redaksi dan Mitra Bestari. Dengan mempertimbangkan hasil review, redaksi berhak sepenuhnya untuk menerima atau menolak suatu manuskrip untuk dipublikasikan.

 

Alamat Sekretariat:

Redaksi Jurnal INNOVATICS

Jurusan informatika, Fakultas Teknik Universitas Siliwangi

Jl. Siliwangi No. 24 Tasikmalaya Jawa Barat

e-mail: innovatics@unsil.ac.id

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Article Publication: 0.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.

Lisensi Creative Commons
Innovation in Research on Informatics (INNOVATICS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)

ISSN Online: 2656-8993