PENDIDIKAN INKLUSIF BERBANTUAN HURUF LEMURIAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SINDROM ASPERGER

Yayat Hidayat, Dedi Muhtadi, Nurasiah Nurasiah

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan kasus Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai penyandang Asperger Syndrom bernama Andre siswa kelas XII IPS di salah satu SMAN Kota Tasikmalaya yang terobsesi dengan peradaban nenek moyang bangsa Indonesia (Bangsa Lemurian). Tujuan penelitian yaitu: (1) mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dialami penyandang Asperger’s Syndrom, (2) mengetahui kebutuhan penyandang Asperger’s Syndrom, (3) membuat alternatif solusi baik berupa model pembelajaran ataupun media bantu pembelajaran, dan (4) meningkatkan minat dan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan desain penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara: observasi, wawancara, studi dokumentasi dan tes hasil belajar. Data penelitian diperoleh dari beberapa narasumber, yaitu: Siswa bernama Andre, beberapa orang guru termasuk guru BP, keluarga dan teman sekelas Andre. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek mengalami permasalahan pada rendahnya minat baca pelajaran matematika, (2) subjek memiliki minat baca yang tinggi pada peradaban bangsa lemurian dan menguasai tulisan huruf lemurian, (3) subjek membutuhkan kesempatan penggunaan tulisan huruf Lemurian dalam menulis pelajaran, (4) pengembangan bahan ajar berbasis ethno Lemurian dapat mempermudah memahami materi, dan (5) adanya peningkatan minat baca dan hasil belajar yang signifikan dilihat dari nilai rata-rata ulangan.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas 2009 Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidkan Inklusif

PP RI 2013 Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 06 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga

Desiningrum R 2016 Psikologi Anak Berekebutuhan Khusus (ABK) (Jogjakarta: Psikosain)

Hidayat dkk 2006 Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (Bandung: UPI) Press Kalat

Djaali H 2006 Psikologi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara)

Sukmadinata, N Sy 2011 Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Sudjana N 2010 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT Ramaja Rosdakarya)

Sukmadinata N S 2007 Landasan Psikologi Proses Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Cristiany A 2008 Penggunaan media pembelajaran animasi untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA siswa SMPK Santa Maria H Malang (Universitas Negeri Malang)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal