UPAYA PENINGKATAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY

Suci Dahlya Narpila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan self efficacy matematis siswa setelah menerapkan pembelajaran inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel peneltian sebanyak 69 siswa dengan 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kemampuan self efficacy matematis siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut adalah angket self efficacy matematis. Data yang dikumpulkan tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan anava satu jalur pada program SPSS 16. Dari hasil SPPS diperoleh data , yaitu  dan Sig. < 0,05 yaitu 0,018 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan self efficacy matematis siswa yang mendapat pembelajaran inquiry lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan self efficacy matematis siswa yang mendapat pembelajaran biasa.


Full Text:

PDF

References


R. Society and J. M. Council, “Teaching and learning geometry 11-19, Report of a Royal Society / Joint Mathematical Council working group,” Report, no. July, pp. 1–87, 2001.

A. Bandura, “Self-Efficacy,” vol. 4, no. 1994, pp. 71–81, 1998.

L. . Brown, J. . Mallaouff, and N. . Schutte, “The Effectiveness of Self-Efficacy Intervention for helping adolescents cope with sport competition loss,” Trials, vol. 14, no. 1. 2005, doi: 10.1186/1745-6215-14-395.

B. J. Zimmerman, “Self-Efficacy : An Essential Motive to Learn,” pp. 82–91, 2000, doi: 10.1006/ceps.1999.1016.

D. . Schunk, “Self Efficacy, motivation, and performance,” J. Appl. Sport Psychol., vol. 7, no. 2, pp. 112–137, 1995.

H. . Bouchey and S. Harter, “Reflected Appraisals, Academic Self-Perceptions, and Math/Science Performance During Early Adolescence.,” J. Psychol., vol. 97, 2005.

Arcat, “Meningkatkan Kemampuan Spasial Dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Model Kooperatif STAD Berbantuan Wingeom,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

M. Pendidikan, D. A. N. Kebudayaan, and R. Indonesia, “Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia,” 2013.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), Principles and Standars for School Mathematics. 2000.

Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Konstekstual dalam Pembelajaran Abad 21 : Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

B. . Beyer, Teaching Thinking in Social Studies : Using Inquiry in the Classroom. Colimbus, 1979.

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Beriorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

R. R. Hake and I. Introduction, “Interactive-engagement vs traditional methods : A six-thousand- student survey of mechanics test data for introductory physics,” 1998.

R. . Walpole, Pengantar Statistika. Jakarta: PT Gramediia Pustaka Utama, 1995.

L. Saputri, “Peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi geometri berbantuan wingeom,” vol. 10, no. 3, 2017.

L. Moma, “Peningkatan Self-Efficacy Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Generatif,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 434–444, 2014, doi: 10.21831/cp.v3i3.2387.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Statcounter:

Indexed by :

Moraref One Search