ANALISIS KEMAMPUAN VISUAL THINKING DALAM MENYELESAIKAN DOMAIN SOAL PISA

Evi Sundari, Mega Nur Prabawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan Visual Thinking dalam menyelesaikan soal PISA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Cihaurbeuti Ciamis dengan subjek penelitian berjumlah 3 siswa dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal PISA yang memuat 4 komponen indikator kemampuan visual thinking, yaitu: (1) Looking, (2) Seeing, (3) Imagining, dan (4) Showing and Telling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes soal kemampuan visual thinking, dan wawancara. Hasil penelitian adalah adalah: (a) Siswa kelompok kategori tinggi, sangat baik pada indikator 1, 3, & 4, dan baik pada indikator 2. (b) Siswa kelompok kategori sedang, sangat baik pada indikator 3 & 4, baik pada indikator 1 dan cukup pada indikator 2. (c) Siswa kelompok kategori rendah, sangat baik pada indikator 4 dan cukup pada indikator 1, 2, & 3. 


Full Text:

PDF

References


Kemdikbud 2013 Pengembangan Kurikulum 2013 Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013 (Jakarta: Kemdikbud)

OECD 2016 PISA 2015 results excellence and equity in education (Volume I) (Paris: OECD Publishing)

OECD 2010 Draft PISA 2012 Assessment Framework http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909

Sarnapi 2016 Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah Pikiran Rakyat http://www.pikiranrakyat.com/pendidikan/2016/06/18/peringkat-pendidikan-indonesia-masih-rendah-372187

Mulyadi I & Muhtadi D 2019 Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan Teori Van Hiele ditinjau dari gender Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika 4(1) pp 1–8

Abdullah, H A & Zakaria E 2013 The Effects of Van hieleâ€s Phases of learning Geometry on Students’ Degree Of Acquisition of Van Hiele Levels Procedia - Social and Behavioral Sciences Doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.740

Surya E, Sabandar J, Kusumah Y S & Darhim 2013 Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL Journal on Mathematics Education 4(1) pp 113-126

Fendrik M & Putra R M 2018 Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SD Jurnal Tunjuk Ajar 1(1)

OECD 2009a Learning Mathematics for Life: a View Perspective from PISA http://www.oecd.org

Juliansyah N 2012 Metode Penelitian (Jakarta: Kencana Prenada Medi Group)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal