ANALISIS POTENSI PELUANG PENGHEMATAN KONSUMSI ENERGI DI BRITS HOTEL KARAWANG

Wirawan Wirawan, Nurul Hiron, Nundang Busaeri

Abstract


Perhitungan nilai Intensitas konsumsi energi (IKE) pada bangunan Brits Hotel Karawang dilakukan dengan menghitung penggunaan konsumsi energi listrik yang berdasarkan data historis pemakaian energi dalam kurun waktu tertentu yang dibagi dengan luas bangunan. Hasil perhitungan IKE tersebut dibandingkan dengan standar konsumsi energi listrik untuk bangunan hotel berdasarkan Permen ESDM No.13 tahun 2012 tentang penghematan pemakaian energi listrik. Jika nilai IKE tidak sesuai standar maka dilakukan perhitungan peluang hemat energi (PBE) yang dibatasi pada perhitungan ulang kebutuhan daya pencahayaan pada sistem pencahayaan dan perhitungan ulang kebutuhan kapasitas AC pada sistem tata udara. Berdasarkan hasil dari penghitungan nilai IKE yang berdasarkan data historis penggunaan energi listrik pada kurun waktu September 2017 sampai dengan September 2018 didapatkan nilai IKE sebesar 178,44 kWH /  tahun. Sedangkan target IKE per satuan luas yang dikondisikan untuk perhotelan yang berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No.13 Tahun 2012 adalah 300 kWH/ tahun. Maka IKE Brits Hotel Karawang lebih kecil daripada target IKE listrik atau dapat dikatakan pemakaian energi listrik di Brits Hotel Karawang sudah efisien. Akan tetapi perhitungan ulang kebutuhan daya pencahayaan dan juga perhitungan ulang kapasitas AC tetap dilakukan dan dari hasil perhitungan tersebut didapatkan hasil pengurangan penggunaan konsumsi energi listrik di Brits Hotel Karawang.

Kata Kunci : Intensitas Konsumsi Energi, Sistem Pencahayaan, Sistem Tata udara, Peluang Hemat Energi

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, H. ; U. C. (2012). Audit Energi dan Analisis Pemilihan Alternatif Manajemen Energi Hotel dengan Pendekatan Metode MCDM-Promethee (Studi Kasus : Surabaya Plaza Hotel), (Mcdm), 1–13.

aris raharjo, M. ; R. S. (2015). Audit Konsumsi Energi Untuk Mengetahui Peluang Penghematan Energi Pada Gedung PT Indonesia CAPS AND CLOSURES, X(3), 342–356.

Bayuaji, kencana ( I. C. E. D. (ICED) M. ), Agustina, I., Panjaitan, R., & Sulistiyanto, T. (n.d.). Panduan Praktis Penghematan Energi di Hotel.

Bina, K., & Panam, S. B. (2017). Studi Analisis Potensi Penghematan Konsumsi Energi Melalui Audit dan Konservasi Energi Listrik di Rumah Sakit Universitas Riau Medio Saputra *, Amir Hamzah ** * Teknik Elektro Universitas Riau ** Jurusan Teknik Elektro Universitas Riau Jom FTEKNIK Volume , 4(1), 1–13.

Ginanjar, G. G. (2012). PENGUJIAN INTENSITAS PENCAHAYAAN DI GEDUNG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SILIWANGI DENGAN SIMULASI MENGGUNAKAN SOFTWARE DIALUX V.4.10.

Marzuki, A., & Rusman, D. A. N. (2012). Audit Energi pada Bangunan Gedung Direksi PT . Perkebunan Nusantara XIII ( Persero ), 8, 184–196.

Rianto, A. (2007). Audit Energi Dan Analisis Peluang Penghematan Konsumsi Energi Pada Sistem Pengkondisian Udara Di Hotel Santika Premiere Semarang.

Sholeh, M. F. (2018). Analisis Efesiensi Penggunaan Energi Listrik Sektor Rumah Tangga Di Pekanbaru Menggunakan Perangkat Lunak LEAP, 5(1), 1–7. Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/14649/1/JURNAL.pdf

Soegandhi, S. J., Indrani, H. C., Dora, E., Studi, P., Interior, D., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2015). Optimasi Sistem Pencahayaan Buatan pada Budget Hotel di Surabaya, 3(2), 45–56.

Suriansyah, B. (2013). STUDI PENERAPAN AUDIT DAN MANAJEMEN ENERGI TERHADAP KONSUMSI DAYA LISTRIK DI HOTEL “ X †BANJARMASIN, (3), 207–211




DOI: https://doi.org/10.37058/jeee.v2i1.2141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Energy and Electrical Engineering (JEEE)
Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jeee@unsil.ac.id
e-ISSN: 2720-989X


INDEXED BY: