ANALISA KONSUMSI ENERGI DAN SISTEM PENCAHAYAAN GEDUNG C INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

Khoirun Naimah

Abstract


Peran energi dalam memenuhi kebutuhan dasar kehidupan manusia dalam pembangunan nasional khususnya dalam lembaga pendidikan sangat penting, khususnya energi listrik. Peningkatan maupun penurunan kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dapat memberikan dampak pada konsumsi energi listrik, seperti kampus Institut Teknologi Sumatera. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus untuk mengetahui dan menganalisis profil konsumsi energi listrik dan sistem pencahayaan di Gedung C Institut Teknologi Sumatera yang digunakan sebagai ruang dosen dan administrasi. Metode yang digunakan adalah secara kualitatif dengan observasi lapangan dan wawancara dengan pihak terkait. Data yang diperoleh kemudian diolah sehinggan diperoleh nilai IKE dan informasi sistem pencahayaan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Gedung C termasuk dalam kategori efisien (2) Sistem pencahayaan mengkonsumsi energi listrik 7% dari total konsumsi listrik, dan tingkat pencahayaan Gedung C sudah sesuai dengan standard SNI 6197:2011 (4) Program konservasi yang sudah dilakukan yaitu dengan menyalakan lampu selang seling, mematikan lampu saat jam 10 malam keatas dan hanya menggunakan lampu pada lantai 1 ketika malam hari, semua kegiatan pembersihan dilakukan sebelum jam 10 malam.

Full Text:

PDF

References


BPPT, Outlook Energi Indonesia. Jakarta:BPPT, 2020

Peraturan Pemerintah No. 70 Tahun 2009 tentang Konservasi Energi

USAID Indonesia Clean Energy Development (ICED Project), Panduan Penghematan Energi di Gedung Pemerintahan. Jakarta:USAID Indonesia, 2014

Badan Standardisasi Nasional. SNI 03- 6196-2000, Prosedur Audit Energi Pada Bangunan Gedung. Jakarta: BSN. (ID): Departemen Pendidikan Nasional, 2004.

Illahi, S. N., Priatna, E., & Hiron, N. (2020). Analisis Konservasi Energi Pada Sistem Pencahayaan Dan Sistem Pendingin Di Kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Garut. Journal of Energy and Electrical Engineering, 1(2).

Badan Standarisasi Nasional. SNI 6197:2011 Konservasi Energi Pada Sistem Pencahayaan. Jakarta: BSN, 2011.

Ministry of Power India. Best Practice Manual – Lighting. India: Bureau of Energy Efficiency, 2005.

Badan Standarisasi Nasional. SNI 7062:2019 Pengukuran Intensitas Pencahayaan ditempat kerja. Jakarta: BSN, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2019 Journal of Energy and Electrical Engineering (JEEE)
Program Studi Teknik Elektro FT Univesitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jeee@unsil.ac.id
e-ISSN: 2720-989X


Diindex oleh: