PENGARUH EVENT DAN KESADARAN MASYARAKAT KARAWANG TERHADAP MINAT DONOR DARAH DI PMI KABUPATEN KARAWANG

Tati Yulianti, Iis Komalasari, Ajat Sudrajat

Abstract


This study aims to determine, explain and analyze the event and awareness of the Karawang community towards blood donor interest in the Indonesian Red Cross, Karawang Regency. This research was conducted using descriptive and verification methods, the sample in this study was the Karawang community who had done blood donations in the Indonesian Red Cross district. Karawang as many as 100 donors. data collection by distributing questionnaires (questionnaires) and observations, data analysis is done by regression analysis, path analysis, and analysis of the scale range. the results of the study at a significance level of 10% found that,(1) The event had a positive and significant effect on the interest of blood donors in the Indonesian Red Cross in Karawang district (2) Awareness influences the interest of blood donors in the Indonesian Red Cross in Karawang district (3) Event and awareness together positively and significantly influence the interest of blood donors in the Karawang regency's Indonesian Red Cross. The results of the coefficient of determination in this study shows that the decision of donor interest influenced the event and awareness amounted to 72,26636%, while the remaining 27,73364% represents the contribution of another variable (£) which was not examined in this study.

Keywords: Event; Awareness; Donor Interest

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis event dan kesadaran masyarakat Karawang terhadap minat donor darah di PMI Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Karawang yang telah melakukan donor darah di PMI kab. Karawang sebanyak 100 orang pendonor. pengumpulan data dengan cara penyebaran kuisioner (angket) dan observasi, analisis data yang dilakukan dengan analisis regresi, analisis jalur, dan analisis rentang skala. Hasil penelitian dalam taraf signifikansi 10% menemukan bahwa, (1) Event berpengaruh positif dan signifikan pada minat donor darah di PMI kab. Karawang (2) Kesadaran berpengaruh terhadap minat donor darah di PMI kabupaten Karawang (3) Event dan kesadaran bersama sama berpengaruh positif dan signifikan pada minat donor darah di PMI kabupaten Karawang. Hasil koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa keputusan minat donor di pengaruhi event dan kesadaran sebesar 72,26636%, sedangkan sisanya sebesar 27,73364% merupakan kontibusi dari variable lain (£) yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Event; Kesadaran; Minat Donor

Keywords


event; awareness; kesadaran; donor interest; minat donor

Full Text:

PDF

References


Androulaki, Z., Merkouris, A., Touras C., Androulakis M. (2005). Knowledge and Attitude Towards Voluntary Blood Donation Among Sample of Student in Tei of Crete, Greece. Icus Nurs Web J.

Any, Noor. (2009). Management Event. Bandung: Alfabeta.

Apriansyah, Tatang. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Rest Area KM 57 Karawang). Karawang: Skripsi FEB Universitas Singaperbangsa Karawang.

Dewi, R.R.K., Kartasurya, M. I., Mawarni, Atik. (2016). Analisis Kebijakan Donor Darah dan Implementasi Program Rekrutmen Donor di Unit Donor Darah (UDD PMI) Kota Pontianak. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia Volume 4 Nomor 2 Agustus 2016.

Kotler, Philip. Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Martin Aziz Saputra, Bambang Setiawan (2014), Customer Relationship Management Untuk Pengelolaan Donor Darah. Jurnal Teknik Pomits. Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Nira Kurniyanti (2015). Pengaruh Kesadaran, Persepsi dan Frekuensi Konsumen Tehadap Perilaku Konsumen Dalam Mengkonsumsi Buah Lokal. Studi Kasus Kawasan Industri di Jakarta Utara. Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarifudin Hidayatullah Jakarta.

Sarwono, Sarlito W. & Eko A. Meinarno. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Wardah & Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer. Pelayanan Darah di Indonesia. INFODATIN PUSAT DATA DAN INFORMASI KEMENTERIAN KESEHATAN RI. ISSN: 2442-7659

Zara Yulianti Fadhilah. (2017) Pengaruh Citra Merek dan kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Suzuki Pada Dealer Restu Mahkota Karya Purwakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 1980 tentang Transfusi Darah.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v6i1.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.