PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Dhea Lorenza, Muh Akob Kadir, Herman Sjahruddin

Abstract


we sought to analyze the impact of capital structure and company size on the profitability of  automotive companies listed on the Indonesian Stock Exchange over the period 2015-2018. The sample in this study consisted of 14 sampling companies using the method sampling. The analytical tool used is a multiple linear regression analysis aimed at analyzing the relationship between capital structure variables and firm size to profitability using SPSS v.25 software.The results show that the capital structure (DER) has a negative effect and the firm's size has no significant effect on profitability. This study has limitations in the number of data units and only uses automotive sub-companies, thus limiting the research. This research has practical implications for investors and management companies in making financial decisions related to observed variables. Previous research has largely analyzed the profitability of the company, this study shows the results of two factors that are tested with similar (negative) results in the modeling so that they can be used as the originality of this study.

Keywords: debt to equity ratio; total assets; return on asset

Kami mencoba menganalisis pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 14 perusahaan dan penarikan sampel yang dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas dengan menggunakan software SPSS v.25.

Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa struktur modal (DER) berpengaruh negatif dan ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah unit data dan hanya menggunakan perusahaan sub-sektor otomotif saja sehingga membatasi penelitian ini. Penelitian ini berimplikasi secara praktis kepada investor dan manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan keuangan terkait dengan variabel yang diamati. Penelitian terdahulu sangat banyak yang menganalisis profitabilitas perusahaan, penelitian ini menunjukkan hasil dari kedua kausalitas yang diuji dengan hasil yang serupa (negative) dalam suatu pemodelan sehingga dapat digunakan sebagai orisinalitas penelitian ini.

Kata Kunci: debt to equity ratio; total aset; return on asset



Keywords


debt to equity ratio; total asset; return on asset

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rodoni Dan Herni, A. (2013). Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ernawati Dan Widyawati. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 4(4).

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mahardhika, S. O. (2017). Pengaruh Struktur Aktiva, Risiko Bisnis, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Maria, M., D. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Liquiditas Terhadap Profitabilitas Di Perusahaan Esperanca Timor-Oan (Eto) Dili Timor-Leste Madalena. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(1), 23–40.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2010–2014. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 41–59.

Meithasari, R. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Nadzirah, F. Y., Dan Cipta, W. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Novita, B. A., Dan Sofie, S. (2015). Pengaruh Struktur Modal Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas. Jurnal Akuntansi Trisakti, 2(1), 13–28.

Prabowo, R., Dan Sutanto, A. (2019). Analisis Pengaruh Struktur Modal Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Otomotif Di Indonesia. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Binsnis, 10(1), 1–11.

Ramadhana, A. A., Dan Sjahruddin, H. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham, Issue1(Agustus).

Simbolon, D., Dkk. (2019). Pengaruh Current Ratio, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Barang Komsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode. Jurnal Akrab Juara, 4(1), 147–160.

Sukmayanti, N. W. P., Dan Triaryati, N. (2019). Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia Perusahaan Pada Dasarnya Memiliki Tujuan Yang Ingin Dicapai Yaitu Untuk Memperoleh Keuntungan Tercapai. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 7132–7162.

Suryaputra, G. (2016). Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) Tahun 2010-2014. Business Accounting Review, 4(1).

Susiyanti, S., Dan Effendi, B. (2019). Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Likuiditas Dan Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI. Owner, 3(2009), 66–72.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v6i1.1544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.