FAKTOR PENENTU PRODUK YANG BERDAMPAK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KINERJA PEMASARAN SENTRA KERAJINAN ANYAMAN DI TASIKMALAYA

Sri Sudiarti, Yumi Sri Andriati

Abstract


ABSTRACT

The aimed of this research was to determine and analyze the determinants of products that have an impact on purchasing decisions and marketing performance of the Woven Craft Center in Tasikmalaya. The research method used in this research is a survey method. The sampling method in this study was to use the accidental sampling method with a sample size of 150 respondents. The analysis tool used is path analysis. Based on the results of the study, it is known that innovation and product design in woven crafts in Tasikmalaya are classified as very good, prices for woven crafts in Tasikmalaya are classified as good, consumer purchasing decisions on woven crafts in Tasikmalaya are classified as good, and marketing performance on woven crafts in Tasikmalaya is in the very good classification. Based on the results of research and discussion, it can be found that there is an effect of product innovation, product design, and price simultaneously and partially on the purchasing decisions of consumers of woven crafts in Tasikmalaya. As well as consumer purchasing decisions affect the marketing performance of the Woven Craft Center in Tasikmalaya.

Keywords: innovation; product design; price; buying decision; marketing performances.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor penentu produk yang berdampak pada keputusan pembelian dan kinerja pemasaran Sentra Kerajinan Anyaman di Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan metode accidental sampling dengan ukuran sampel 150 responden. Alat analisis yang digunakan adalah path analysis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Inovasi dan desain produk pada kerajinan anyaman di Tasikmalaya termasuk dalam klasifikasi sangat baik, harga pada kerajinan anyaman di Tasikmalaya termasuk dalam klasifikasi baik, keputusan pembelian konsumen pada kerajinan anyaman di Tasikmalaya termasuk dalam klasifikasi baik, dan kinerja pemasaran pada kerajinan anyaman di Tasikmalaya termasuk dalam klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditemukan bahwa terdapat pengaruh inovasi produk, desain produk, dan harga secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen kerajinan anyaman di Tasikmalaya. Serta keputusan pembelian konsumen berpengaruh terhadap kinerja pemasaran Sentra Kerajinan Anyaman di Tasikmalaya.

 

Kata Kunci: inovasi; desain produk; harga; keputusan pembelian; kinerja pemasaran.

Keywords


inovasi; desain produk; harga; keputusan pembelian; kinerja pemasaran; innovation; product design; price; buying decision; marketing performances

Full Text:

PDF

References


Bahren, B., Ramadhani, I., & Suroso, E. (2018). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Marketing dan Inovasi Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8-18.

Fitriani, E. (2020, Maret 11). Wishnutama: Industri Kreatif Jadi Penopang Ekonomi Nasional. Retrieved from Investor Daily Indonesia: https://investor.id/business/wishnutama-industri-kreatif-jadi-penopang-ekonomi-nasional.

Kotler, Philip. (2013). Marketing Management. Edisi 8. Prentice Hall International.

Lestari, W. S., & Yusuf, A. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 94-101.

Mowen, John, C., dan Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan, dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk TOCHA). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48-54.

Ramli, Y. (2020). Pengaruh Keputusan Pembelian Terhadap Kinerja Bisnis Industri Pupuk Organik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 211-222.

Rasyid, H. A., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Perspektif, XVI(1), 39-49.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Bandung: CV Alfa Beta.

UNCTAD. (2018). Creative Economy Outlook. United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Wahyono. (2002). Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadao Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1), 23-40.

Whiting, K. (2019, April 18). 5 things you need to know about creativity. Retrieved from World Economic Forum: https://www.weforum.org/agenda/2019/04/5-things-you-need-to-know-about-creativity/




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v6i2.2387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.