PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP PRICE EARNING RATIO (PER) (STUDI EMPIRIS PADA PT. HOLCIM INDONESIA TBK.)

Dedeh Sri Sudaryanti, Nana Sahroni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada PT. Holcim Indonesia, Tbk. Dalam analisis fundamental, Price Earning Ratio (PER) sering digunakan karena cukup mudah dipahami oleh investor dan calon investor sebagai ukuran untuk menentukan bagaimana pasar memberi nilai/harga pada suatu perusahaan. Model penelitian yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Dengan menggunakan data sekunder PT. Holcim Indonesia, Tbk. selama 10 tahun yaitu tahun 2005 sampai dengan 2014 yang diperoleh dari Pojok Bursa Efek Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER) pada PT. Holcim Indonesia, Tbk. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk para investor dan calon investor dalam memprediksi harga saham perusahaan yang akan datang dan dalam pengambilan keputusan untuk berinvestasi.

Keywords


Return On Equity (ROE); Debt to Equity Ratio (DER); Price Earning Ratio (PER)

Full Text:

PDF

References


Agus Sartono. (2010). “Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Empat”. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Eka Retyansari, (2005). “AnalisisFaktor-faktor yang mempengaruhi PER Saham Perusahaan IndustriManufaktur di BEJ. Semarang: Universitas Diponegoro.

F.X HeriPurwanto Seputro. (2002). “Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, dan Rasio Kepemilikan terhadap Price Earning Ratio. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mahmud M Hanafi dan Abdul Halim. (2012). “Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat”. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.