ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA PASAR SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (KASUS PADA AKUISISI PT. AGUNG PODOMORO LAND TBK)

Suherman Sodikin, Nana Sahroni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan dan kinerja pasar sebelum dan sesudah akuisisi pada kasus akuisisi yang dilakukan Agung Podomoro Land, Tbk. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah paired sample t test dan dengan menggunakan grafik. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kinerja keuangan yang diproksikan oleh Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) menunjukkan tidak terdapat perbedaan, Sedangkan kinerja pasar yang diproksikan oleh harga saham menunjukkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah akuisisi.

Keywords


akuisisi; return on assets; return on equity; harga saham

Full Text:

PDF

References


Aritonang, Slamat Harijono., Atim Djazuli., dan H.M. Harry Susanto. 2009. Analisis Return, Abnormal Return, Aktivitas Volume Perdagangan Atas Pengumuman Merger dan Akuisisi (Studi pada Perusahaan yang Listed di BEJ tahun 2000-2002. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Vol.12, No.4.

Brigham, Eugene F dan Joel F Houston (terj.) (2001). Manajemen Keuangan. Jilid 2. Edisi 8. Jakarta: Erlangga. 381

Craig, Mackinlay A. “Event studies In Economics Financeâ€, Journal of Economic Literature, Maret vol. XXXV, 1997.

Fuady, Munir. 2001. Akuisisi Take Over dan LBO. Cetakan Kesatu Bandung: Citra Aditya Bakti.

Gitman, Lawrence J. 2003. Principles of Managerial Finance. 10th ed. San Fransisco: Addison Wesley.

Gunawan, Kadek Hendra dan I Made Sukartha. 2013. “Kinerja Pasar dan Kinerja Keuangan Sesudah Merger dan Akuisisi di Bursa Efek Indonesiaâ€, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.2: 271-290.

Halim, Cindy. 2013. Pengaruh Variabel Makroekonomi Terhadap Kinerja Perusahaan di Indonesia Pasca Merger dan Akuisisi. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra, Vol.1, 24-29.

Hartono, Sri Redjeki. 2000. Kapita Selekta Hukum Perusahaan. Jakarta: Mandar Maju.

Hitt, M. A., Harisson, J. S., Ireland, R. D. 2002. Merger dan Akuisisi, Panduan Meraih Laba Bagi Para Pemegang Saham. Alih Bahasa: Dewi Fitriasari & Denny Amos K. 2002, Edisi pertama, Jilid 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kismono, Gugup. 2001. Pengantar Binis. Yogyakarta: Salemba Empat.

Kowanda, Dionysia. 2013. Merger dan Akuisisi. Bahan Kuliah Akuntansi Manajemen, Program Pasca Sarjana Universitas Gunadarma.

Moin, Abdul. 2007. Merger, Akuisisi & Divestasi. Edisi kedua. Cetakan Kedua, Yogyakarta: EKONISIA.

Munawir. 2000. Analisis Laporan Keuangan. Jogjakarta: Liberty.

Natania, Ongkowidjojo. 2013. Deteksi Praktik Earning Management dan Financial Performance Sebelum dan Sesudah Merger atau Akuisisi Pada Perusahaan Pengakuisisi yang Terdaftar di BEI Periode 2005-2009. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2, No.1.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 22 Tentang Akuntansi Penggabungan Usaha.

Putri, Rezti. 2008. Analisis Perbedaan Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Pengungkapan Informasi Merger dan Akuisisi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Rivai, Veithzal dan Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2005. Performance Appraisal. Cetakan Pertama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-17, Bandung: Alfabeta.

Sunariyah. 2003. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. edisi ke tiga, Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Surjani P, Rina. 2003. Manajemen Strategi dalam Menghadapi Era Globalisasi. Unitas, 11 (1), pp: 20-36.

Suryawathy, I Gusti Ary. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika (JINAH) Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.3, No.2.

Syamsudin, Lukman. 2002. Manajemen Keuangan Perusahaan (edisi baru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: KANISIUS.

Pendapat Komisi Pengawas Persaingan Usaha Nomor 27/KPPU/PDPT/XII/2012 Tentang Penilaian Terhadap Pengambilalihan Saham (Akuisisi) Saham Perusahaan PT JKS Realty dan PT Pandega Citraniaga Oleh PT Agung Podomoro Land Tbk. http://www.kppu.go.id/id/wp-content/uploads/2013/02/Pendapat-Versi-Publik-APLN-JKS-Fix.pdf.

Yunus, Yusran. 2013. KPPU: Podomoro Akuisisi JKS Realty & Pandega Tidak Monopoli. http://kabar24.bisnis.com/read/20130211/16/684/kppu-podomoro-akuisisi-jks-realty-pandega-tidak-monopoli




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.