STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI PENGEMBANGAN, DESAIN, DAN KUALITAS PRODUK (KASUS PADA INDUSTRI PAKAIAN MUSLIM DI KOTA TASIKMALAYA)

Lucky Radi Rinandiyana, Ane Kurniawati, Dian Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang strategi menciptakan keunggulan kompetitif melalui pengembangan, desain, dan kualitas produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan ukuran sampel adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hipotesis yang dirancang adalah pengembangan, desain, dan kualitas produk memiliki pengaruh untuk menciptakan keunggulan bersaing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan, desain, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan dalam menciptakan keunggulan kompetitif pada industri pakaian Muslim di Kota Tasikmalaya.

Keywords


keunggulan bersaing; pengembangan; desain; kualitas produk

Full Text:

PDF

References


Augusty, Ferdinand, 2006, Metode Penelitian Manajemen :Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Day, G.S., and Wensley, R. 2000. Assessing Advantage : A Framework For Diagnoting Competitive Superiority, Journal Of Marketing, 52, pp. 1-20.

Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 2, Cetakan ketiga, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Garvin David A (1988). Managing Quality, The New York Press.

Hunt, Shelby D. and Robert M. Morgan, 2005, The Comparative Advantage Theory of Competition: Perspectives, Winter Educators Conference, American Marketing Association, San Antonio, TX, February 11-12.

Keegan, W. 2001. Manajemen Pemasaran Global, (Terjemahan), Edisi Revisi, Jilid I. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran , Edisi 11. Jakarta : PT. Indeks.

Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi, 1995, Metode Penelitian Survey, Jakarta : Penerbit LP3ES.

Muhardi. 2007. Strategi Operasi Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Porter, Michael. 2006. Redefining Healt Care : Creating Value – Based Competition On Result. Harvad Business School Press.

Render, Barry, Jay Heizer, 2006, Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba Empat

Sekaran, Uma, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Ediai 4, Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa Kwan Men Yon, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Sugiama, A. Gima, 2008, Metode Riset Bisnis dan Manajemen, Penerbit Guardaya Intimarta, Bandung.

Sisno, Riyoko, Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol. 9 No. 1 Maret 2012,Universitas NU, Jepara.

Suliyanto, 2005, Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Susilo, Y Sri, Buletin Ekonomi Vol.8,No.2, 2010, Univ. Atma Jaya, Yogyakarta

Tjahjanto A.Prasetyono, 2000, Implementasi Gmp Dan Haccp dalam Menunjang Quality Assurance Industri Pangan Jurnal Teknologi Industri Vol. Iv No. 3

www.kemenperin.go.id

http://www.marketing.co.id/demografi-segmen-menengah-atas/




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.