ANALISIS KESEHATAN KOPERASI SIMPAN PINJAM BERDASARKAN ASPEK PERMODALAN, MANAJEMEN, LIKUIDITAS, SERTA KEMANDIRIAN DAN PERTUMBUHAN (STUDI EMPIRIS SIMPENAN PAMEUNGKEUT BANDA (SPB) PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) DI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2015)

Dedeh Sri Sudaryanti, Nana Sahroni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam dilihat dari Aspek Permodalan, Aspek Manajemen, Aspek Likuiditas, serta Aspek Kemandirian dan Pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data primer dan sekunder. Data primer berupa isian kuesioner untuk penilaian aspek manajemen sedangkan data sekunder berupa data laporan keuangan koperasi simpan pinjam tahun 2004-2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan aspek permodalan dengan menilai tiga rasio dinyatakan bahwa KSP SPB dalam kondisi sehat. Berdasarkan aspek manajemen dinyatakan sehat. Berdasarkan aspek likuiditas menunjukkan KSP SPB berada pada keadaan likuid dan sehat. Berdasarkan aspek kemandirian dan pertumbuhan juga menunjukkan angka yang rendah yang menunjukkan kemampuan KSP SPB untuk menghasilkan laba dinilai rendah dibandingkan asset maupun modal sendiri yang digunakan.

Keywords


koperasi simpan pinjam; analisa rasio keuangan; analisa kesehatan keuangan

Full Text:

PDF

References


A. Gima Sugiama. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung: Guardaya Intimarta.

Albert Budiyanto dan Soleh. (2013). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Kartika Kuwer Jaya. Jurnal Esensi. Volume 16 Nomor 1.

Brigham, F. Eugene & Houston, Joel F. (2006). Fundamental of Financial Management. Edisi 10. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Dedi Kosasih. (2013). Analisis Rasio Keuangan pada Koperasi Karyawan Aneka Pangan Nusantara (KOPKANUS) PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Purwakarta. Jurnal Manajemen. Volume 10 Nomor 3.

Marihot Manulang, dkk. (2005). Pengantar Manajemen Keuangan. Yogyakarta, ANDI Yogyakarta.

Martono & Agus Harjito. (2005). Manajemen Keuangan. Ekonisia: Yogyakarta.

Moeljadi. (2006). Manajemen Keuangan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Edisi Pertama Cetakan Pertama. Bayumedia Publishing, Malang.

Rina dan Erny. (2014). Analisis Kinerja Keuangan pada Koperasi Syariah di Purwokerto Barat. Prosiding Seminar Hasil Penelitian LPPM UMP 2014. ISBN 978-602-14930-2-1. Purwokerto.

Sahrul Ihsan. (2016). Prospek Kinerja Keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam Universitas Gunung Rinjani Lombok Timur – Lombok. Ganec Swara, Volume 10 Nomor 1 Maret 2016.

Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta, UPP STIM YKPN.

S. Munawir. (2005). Analisis Laporan Keuangan. Liberty, Yogyakarta.Tasikplus. (2016) http://www.tasikplus.com/berita/sosial/796-bukukan-aset-rp-11-8-di-akhir-tahun-buku-2014. diakses pada tanggal 21 Maret 2016.

Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nomor 14/Per/M.KUKM/XII/2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.