PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN LAYANAN BPJS KETENAGAKERJAAN PURWAKARTA

Dimas Willy Prayoga

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of service quality and corporate image on services satisfaction of BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta. On service quality variables there are 7 indicators namely, closeness, clarity. courage, creativity, competency, commitment, and consistency; Company image variables are 4 indicators namely, personality, reputation, value, and corporate identity; Service satisfaction indicator variables are 5 indicators namely: Product quality, service quality, emotions, prices, and costs. Data were obtained through questionnaires distributed to 300 respondents taken through incidental sampling method. The results of this study reveal that service quality, company image and satisfaction servives is in the criteria of good, meaning all variabels can be well received by service user. There is a positive correlation between service quality and company image by 85,2%. There is a partial effect of service quality on service satisfaction significantly by 32,0%. There is a partial effect of the Company Image on service satisfaction significantly by 51.3%. Then there is the simultaneous effect of service quality and company image on the service satisfaction of BPJS Ketenagakerjaan positively and significantly by 83.5%.

Keywords: service quality; corporate image; satisfaction service

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan layanan BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta. Pada variabel kualitas layanan terdapat 7 indikator yaitu closeness, clarity. courage, creativity, competency, commitment, dan consistency; Variabel citra perusahaan terdapat 4 indikator yaitu personality, reputation, value, dan corporate identity; Variabel indikator kepuasan layanan terdapat 5 indikator yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, emosi, harga, dan biaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan alat analisa jalur. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 300 orang responden yang diambil melalui metode incidental sampling Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kualitas layanan, citra perusahaan dan kepuasan layanan pada BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta berada pada kriteria setuju, artinya semua variabel dapat diterima dengan baik oleh pengguna layanan. Terdapat korelasi positif antara kualitas layanan dengan citra perusahaan sebesar 85,2%. Terdapat pengaruh partial kualitas layanan terhadap kepuasan layanan secara signifikan sebesar 32,0%. Terdapat pengaruh partial Citra Perusahaan terhadap kepuasan layanan secara signifikan sebesar 51,3%. Kemudian terdapat pengaruh simultan kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan layanan BPJS Ketenafakerjaan secara positif dan signifikan sebesar 83,5%.

Kata Kunci: kualitas layanan; citra perusahaan; kepuasan layanan


Keywords


service quality; corporate image; satisfaction servicekualitas layanan; citra perusahaan; dan kepuasan layanan

Full Text:

PDF

References


Asrullah, Andi A. 2017. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Maxcell Kendari. Skripsi. Kendari: Universitas Halu Oleo

Chih-Tung Hsiao. 2008. A Study of Service Quality in Public Sector. International Journal of Electronic Business Management. Vol. 6, No. 1, pp. 29-37

Kotler & Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 & 2. Alih bahasa oleh Bob Sabran. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2012. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi ke empat, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Michael B.P, Lotje K, Willem A.T. 2014. Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bri Cabang Manado. Jurnal Manajemen. Vol.2 No.3. ISSN 2303-1174

Mutminah. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 10 No. 2 September 2017: 201-216

Selvy N, Srikandi K, Andriani K. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 6 No. 2 Desember 2013

Sugianto, La Ode. Antecedent And Konsekuen Word Of Mout, Jurnal manajemen. Volume 4, Nomor 1, Juni 2016, 155 - 178P-ISSN: 2355-0228, E-ISSN: 2502-8316

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran. Edisi Ke enam. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Widiono, Ery dan Darmastuti, Ismi. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Body Repair Mobil Rapi Glass Semarang. Thesis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNDANG – UNDANG

Pemerintah Indonesia. 2004. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 yanng mengatur tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Lembar Negara RI tahun 2004 No. 16, Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2011. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 yang mengatur tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Lembar Negara RI tahun 2011 No. 49, Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 yang mengatur tentang pelayanan publik. Lembar Negara RI tahun 2009 No.46. Sekretariat Negara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v5i2.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.