PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STEAK JONGKOK KARAWANG

Widya Sela Lestari, Abdul Yusuf

Abstract


ABSTRACT

This study aims to examine and to analyze the Influence of Food Quality and Price on the Purchase Decision on Steak Jongkok Karawang. This study is conducted by descriptive and verification method, by collecting, presenting, analyzing, and testing hypotheses, then make conclusions and suggestions. The sample in this study is 144 respondents.The result of this study There is a strong correlation between Food Quality and Price. Partially, There are influence Food Quality on the Purchase Decision influence And Price on the Purchase Decision. Simultaneously Food Quality and Price on the Purchase Decision.

Keywords: food quality; price; purchase decision.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang pengaruh kualitas makanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada Steak Jongkok Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel pada penelitian ini berjumlah 144 responden. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat korelasi yang kuat antara kualitas makanan dan harga. Secara parsial terdapat pengaruh kualitas makanan terhadap keputusan pembelian. Dan terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh kualitas makanan dan harga terhadap keputusan.

Kata Kunci: kualitas makanan; harga; keputusan pembelian.

Keywords


food quality; price; purchase decisionkualitas makanan; harga; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: PT. Alfabet.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang. 2018. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Karawang, 2016. Online at: https://karawangkab.bps.go.id/

Davis, Bernad, A.lookwood Pantelidis, Alcott peter. 2018. Food and Beverage Management 6th edition: Elsevier Ltd.

Fiani, M Dan Edwin, J. 2012. Analisis Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Vol. 1, No. 1, 1.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Aksara.

Habibah, U dan Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura .Jurnal ekonomi dan Bisnis Vol. 1, No. 1.

Iskandar, G. Y. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Notebook Asus di Karawang. Skripsi. Karawang. Universitas Singaperbangsa Karawang. Kementrian Perindustrian RI. 2017. Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. Online at: http://www.kemenperin.go.id artikel/18465/Industri Makanan dan-Minuman MasihJadi-Andalan.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary armstrong. 2009. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 12. jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nasution, Nur. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sari Dita, Sumaryanto dan Setyaningsih. 2017. Pengaruh Kualitas Makanan, Pelayanan, Harga dan Suasana Restoran Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 17, 270

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif danR&D. Bandung: PT Alfabet.

Sule, E. T dan Kurniawan Saefullah. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Tunis, Anugrah dan Sopa Martina. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di The Secret Factory Outlet. Jurnal Pariwisata Vol. 3, No. 1, 62.

Widiastanto, Adkha. 2011. Analisis Pengaruh Lokasi, Kualitas Makanan, Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Warung Makan Mas Pur. Skripsi. Semarang. Universitas Diponegoro.

Widjaja, Yani dan Febby D. Rahmat. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Vol. 9, No. 1, 72.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v5i2.964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.