IKM dan Tungku Tigo Sajarangan: Faktor Kemenangan Perantau Minangkabau Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019

Novendra Hidayat, Ary Bainus, Caroline Paskarina, M Affan Sulaeman

Abstract


Tulisan ini membahas tentang keberadaan Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) dan Tungku Tigo Sajarangan dalam kemenangan perantau Minangkabau Caleg pada Pemilu Legislatif 2019. Minangkabau adalah satu diantara suku bangsa di Indonesia yang identik dengan sistem kekerabatan matrilineal dan tradisi merantau yang sudah melembaga. Merantau menjadi modal berharga yang didayagunakan oleh Caleg perantau Minangkabau untuk mendapatkan dukungan suara pada kontestasi Elektoral. Penelitian dilakukan terhadap dua orang Caleg perantau Minangkabau yang maju untuk DPR-RI. Metode penelitian adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada caleg perantau Minangkabau, masyarakat pemilih dan orang-orang yang terlibat dalam proses pemenangan caleg seperti tokoh adat beserta komunitas masyarakat Minangkabau di ranah maupun di rantau.

Keywords


Perantau; Minangkabau; Caleg; Pemilu

References


Andeska, Nico dkk. (2017). Tungku Tigo Sajarangan Pada Era Globalisasi Dan Visualisasi Dalam Kriya Seni. Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 4 (2). Retrieved from http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/andeska

Azra, Azyumardi. (2011). Pedoman Pengamalan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato Adat Mamakai, AlamTakambang Jadi Guru, Jakarta: Gebu Minang.

Bourdieu. (1986). The Forms of Capital : Handbook of Theory and Research for the Sosiology of Education. J. Richardson (Ed.). New York: Grenwood.

Budiardjo, Miriam. 2010. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chadwick, Bruce A. dkk. (1991). Metode Penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial, Diterjemahkan oleh Sulistia, dkk. Semarang: IKIP Semarang Press.

Coleman, James S. (1988). Social Capital in the Creation of Human Capital’ American Journal of Sociology 94: S95-S120.

Creswell, John W. (2002). Research Design, Qualitative & Quantitative Approaches, Jakarta: KIK Press.

Bungin, M. Burhan. (2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dahl, Robert A. (1992). Demokrasi dan Para Pengkritiknya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Field, John. (2013). Social Capital. Terjemahan Nurhadi. Modal Sosial, Bantul: Kreasi Wacana.

Fontana, Andrea dan James H. Frey. (2009). Wawancara: Seni Ilmu Pengetahuan dalam Handbook of Qualitative Research. Editor Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln, Diterjemahkan oleh Dariyatno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

GoRiau. (2019, Mei 20) Raih Suara Tertinggi Di Riau, Jon Erizal Kembali Lolos ke Senayan. Retrieved from GoRiau - Raih Suara Tertinggi di Riau, Jon Erizal Kembali Lolos ke Senayan

Grotaert, Christiaan and Bastelaer, Thierry. (2001). Understanding and Measuring Social Capital, Social Initiative Working Paper No.24. April.

Halim, A. (2014). Politik Lokal: Pola, Aktor, dan Alur Dramatikalnya (Perspektif Teori Powercube, Modal dan Panggung). Yogyakarta: LP2B.

Ibrahim. (2015). Tambo Alam Minangkabau, Tatanan Adat Warisan Nenek Moyang Orang Minang, Bukittinggi, Kristal Multimedia.

Iskandar, Teuku. (1970). Kamus Dewan. Kuala Lumpur : DBP.

Jawa.Pos. (2017, November 4) Cerita Fadli Zon yang Selalu Gagal Maju Jadi Caleg dari Ranah Minang. Retrieved from Cerita Fadli Zon yang Selalu Gagal Maju Jadi Caleg dari Ranah Minang (jawapos.com)

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Ed. Ketiga, Cet. Kelima, Jakarta: Balai Pustaka.

Kato, Tsuyoshi. (2005). Adat Minangkabau dan Merantau Dalam Perspektif Sejarah. Jakarta: Balai Pustaka.

Kompas.com. (2019, Agustus 31) Daftar 10 Caleg DPR dengan Suara Terbanyak, dari Puan hingga Fadli Zon. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2019/08/31/12093211/daftar-10-caleg-dpr-dengan-suara-terbanyak-dari-puan-hingga-fadli-zon?page=all.

Kompas Gramedia. (2019). Database Anggota DPR-RI 2019-2024.

Mansur, M.Yahya. (1988). Sistem Kekerabatan dan Pola Pewarisan, Jakarta: PT Pustaka Grafika Kita

Marijan, K. (2010). Sistem Politik Indonesia Konsolidasi Demokrasi Pasca Orde Baru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Marsh, David dan Gerry Stoker. (2010). Teori dan Metode dalam Ilmu Politik, Diterjemahkan oleh Helmi Mahadi dan Shohifullah. Bandung: Nusa Media.

McClosky, Herbert. (1975). Political Participation. International Encyclopedia of the Social Science. New York : The Macmillan Company.

Naim, Mochtar. (2013). Pola Migrasi Suku Bangsa Minangkabau. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Navis, AA. (1984). Dialektika Minangkabau dalam Kemelut Sosial dan Politik. Padang: Genta Singgalang Press.

Prayitno, Ujianto Singgih. (2004). Modal Sosial dan Ketahanan Ekonomi Keluarga Miskin. Disertasi Koleksi Perpustakaan Universitas Indonesia.

Prihatmoko, Joko. (2005). “Pemilihan Kepala Daerah Langsung; Filosofi, Sistem dan Problema Penerapan di Indonesia. Semarang: Pustaka Pelajar.

Purwadarminta. (1966). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Putnam, Robert D. (1995). Tuning In, Tuning Out: The Strange Disappearance of Social Capital in America. Jurnal Political Science and Politics, Vol.28 No.4, APSA, Desember.

Putnam, Robert D. (1993). (ed) Making Democracy Work, New Jersey : Princenton University Press.

Suara.com. (2020, Agustus 13). Profil Fadli Zon Terlengkap. Retrieved from https:// Profil Fadli Zon Terlengkap, dari Pendidikan sampai Karir yang Cemerlang (suara.com)

Winstedt, R.O. (1960). Kamus Bahasa Melayu. Singapore.

Yin, Robert K. (2006). Studi Kasus, Desain dan Metode, diterjemahkan oleh M Djauzi Mudzakir, Rajagrafindo Perkasa, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v7i2.3309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novendra Hidayat



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats