Manajemen Strategi Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Pasar Cikampek Kabupaten Karawang

Vika Farida Noer Aliya, Mayasari Mayasari, Kariena Febriantin

Abstract


Pada manajemen strategi dalam urusan pedagang kaki lima di Pasar Cikampek II lima dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang. Dimana permasalahan pedagang kaki lima di Pasar Cikampek II masih belum terselesaikan. Ketiadaan lahan yang cukup menyebabkan pedagang menempati tempat yang tidak seharusnya, meskipun sudah dilakukan sosialisasi. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diambil dari narasumber yang di tetapkan bertdasarkan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini adalah Kepala UPTD dan Kepala TU UPTD Pasar II, dan Kepala Pasar Cikampek II. Penelitian ini menggunakan Teori Manajemen Strategi Hunger & Wheelen (2013) yaitu pemindaian lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan, Pemindaian lingkungan Pasar Cikampek II sangat strategis untuk pengembangan ekonomi masyarakat yang membuat pedagang lebih memilih berjualan di Pasar Cikampek II. Selanjutnya perumusan strategi, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Karawang tidak bisa membuat program atau kegiatan tanpa adanya keputusan Bupati Karawang. Pada implementasi strategi, kegiatan sosialisasi belum optimal, dikarenakan masih ada pedagang yang belum tau mengenai sosialisasi. Evaluasi dan control, Pertama, adanya pedagang kaki lima yang tidak mau pindah dikarenakan lokasi yang tidak strategis Kedua, masalah belum terselesaikan karena belum adanya keputusan dari Bupati Karawang.


Keywords


Manajemen Strategi, Penataan, Pedagang Kaki Lima.

References


Departemen Sosial, Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial; Pedagang Kaki Lima Mitra Pembangunan Daerah. Penerbit Balai Besar Penelitian dan Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Hamel, G dan Prahalad, C, K, (1995). Kompetisi Masa Depan. Jakarta: Bina Rupa. Aksara. Hariadi, Bambang. 2005. Strategi Manajemen.

Hunger, J. David. Thomas L. Wheelen, (2013). Strategic Management. 358 Halaman. Edisi 6. Penerbit Addison-Wesley.

Ikatan Ahli Perencanaan, (1997). Kamus Tata Ruang. Edisi 1. Jakarta. Penerbit : Direktorat Jenderal Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum bekerjasama dengan Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia.

Noviko, Sendy. (2016). Kebijakan Relokasi Pkl Udi Tentang Proses Kebijakan Relokasi Pkl Jalan Dipayuda Dan Mt. Haryono Ke Pusat Kuliner Kabupaten Banjarnegara). Banjarnegara. Jurnal Sawala, Vol. 4 No. 3 (2016): https://doi.org/10.30656/sawala.v4i3.245

Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 4 tahun 2015 tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima.

Rencana Strategis (RENSTRA) Tahun 2016 - 2021 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang.

Setiawan, H.P. Zulkieflimansyah. (2007). Manajemen Strategik, LPFE-UI.

Sugiyono, Prof. Dr. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakana Ke-26. Bandung : Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v6i1.2194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vika Farida Noer Alya, Mayasari, Kariena Febriantin



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats