Eksplorasi epistemological dan didactical obstacle serta hypothetical learning trajectory pada pembelajaran konsep jarak

Redi Hermanto, Satya Santika

Abstract


Geometri merupakan salah satu materi yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Hanya saja, pada kenyataannya tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam memahai konsep geometri yang diajarkan. Salah satu materi geometri yang dianggap sulit adalah materi dimensi tiga yang diberikan kepada siswa kelas X SMA khususnya mengenai konsep jarak. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA di Kota Tasikmalaya dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas X. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti tentang learning obstacle yang dialami siswa ditinjau dari epistemological dan didactical obestacle, bahwa hambatan belajar siswa dalam materi dimensi tiga terletak pada  (1) menentukan letak hasil proyeksi suatu titik terhadap garis, (2) menentukan letak hasil proyeksi suatu titik terhadap bidang, dan (3) membuat dan mengenali bentuk sebuah bidang yang memuat titik dan memuat ruas garis pada bidang tersebut (yang memuat hasil proyeksi titik). Untuk meminimalisis learning obstacle tersebut, peneliti menyusun Hypothetical Learning Trajectory (HLT) agar siswa mampu memahami konsep jarak pada dimensi tiga secara lebih optimal. HLT pada pembelajaran materi jarak antara titik dengan garis meliputi: concept by definition, projection, making a plane, dan distance, sedangkan untuk HLT pada pembelajaran materi jarak antara titik dengan bidang meliputi: concept by definition, finding a segment, projection, making a plane, dan distance.

 

Kata Kunci:   epistemological & didactical obstacle, hypothetical learning trajectory, jarak pada bangun ruang

Full Text:

view PDF

References


Brosseau, G. (1997). Theory of Didactical Situations in Mathematics. New York: Kluwer Academic Publishers.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2004). Learning trajectories in mathematics education. Mathematical thinking and learning, 6(2), 81-89.

Jiang, Z. (2008), Explorations and Reasoning in the Dynamic Geometry Environment. [Online]. Tersedia: http://atcm.mathandtech.org/EP2008/ papers_full/2412008_15336.pdf. [10 Oktober 2013]

Kemdikbud. (2013). Matematika Kelas X. Jakarta: Kemdikbud Republik Indonesia.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Negoro dan B. Harahap. (2010). Ensiklopedia Matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noormandiri, B.K. dan Endar Sucipto. (2000). Buku Pelajaran Matematika SMU untuk Kelas 3 Program IPA. Jakarta: Erlangga.

Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non-Eksakta Lainnya. Bandung, Indonesia: Tarsito.

Rustiadin M., Agus, et al. (2004). Pelajaran Matematika untuk SMA Kelas 1 (Berdasarkan Kurikulum 2004 Berorientasi Pendidikan Kecakapan Hidup). Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Siswanto. (2006). Matematika Inovatif (Konsep dan Aplikasinya) untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Suryadi, D. (2005). Pengembangan Bahan Ajar dan Kerangka-Kerja Pedagogis Matematika untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa SMP. Laporan Penelitian UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Suryadi, D, et al. (2010). Model Antisipasi dan Situasi Didaktis pada Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/ JUR._PEND._MATEMATIKA/195802011984031-DIDI_SURYADI/ DIDI-24.pdf. [10 Desember 2014].

Suryadi, D. (2015). Desain Didaktis Pengenalan Bilangan Bulat: Kreasi Guru-Guru Sekolah Dasar Gagasceria Bandung ditinjau dari Perspektif DDR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 18 Oktober 2015. Tasikmalaya: FKIP Universitas Siliwangi.

Van de Walle, J.A. (2008). Matematika Pengembangan dan Pengajaran Jilid 2. Diterjemahkan oleh Suyono. Jakarta: Erlangga.

Wahyudin. (2013). Matematika Dasar Pengetahuan Bermuatan Pedagogis (Gagasan-gagasan yang Kuat untuk Para Guru). Bandung: Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i2.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search