Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa

Aan Qonaah, Heni Pujiastuti, Abdul Fatah

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model generatif dan ekspositori ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Selain itu, diungkap pula hubungan interaksi antara model pembelajaran dengan KAM terhadap kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment, disain  penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Pandeglang  kelas XI Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa nilai KAM dan tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t  dan  uji Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa  yang  diberi  perlakuan pembelajaran generatif  lebih baik  daripada siswa  yang mendapat pembelajaran ekspositori; (2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan KAM  terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; (3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa dengan KAM tinggi; (4) Tidak terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa dengan KAM sedang dan rendah.

 

Kata kunci: pembelajaran generatif, kemampuan komunikasi matematis, dan Kemampuan Awal Matematis (KAM)

Full Text:

PDF

References


Hendriana Heris, Rohaeti Euis Eti, dan Sumarmo Utari. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Lusiana, Hartono Yusuf, dan Trimurti Saleh. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) Untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Matametika Volume 3. No. 2 Desember 2009.

Mahmudi, Ali. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal MIPA UNHALU volume 8, ISSN 1412-2318.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Permendikbud.. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdikbud.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suherman dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika UPI-JICA. Bandung.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Wena, Made. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yumiati dan Puryanti. (2010). Dampak Model Pembelajaran Generatif dengan Pendekatan Open Ended Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pamulang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: UT.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i1.656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search