Studi literatur: Pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan generalisasi dan self confident siswa SMK

Ani Aisyah

Abstract


The generalizing skill of vocational students was still quite low of a grade. These results were demonstrated by several studies that have been done before. Many students felt difficult in finding patterns or relationships of mathematical situations, especially in its analysis to make generalizations. According to the goals of the vocational curriculum of mathematics teaching, generalization was one of the capabilities that must be developed. Therefore, self-confident as affective aspects becomes the main factor which supports the development of generalization ability. This article focused on the reviewing an approach in mathematics learning process that can be used as an alternative to improve the ability of generalization and self-confident of vocational students.


References


Amri. (2009). Peningkakan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Dahlan, Jarnawi A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.

Dahiana, Wa Ode. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Generalisasi Matematis Siswa MTs Melalui Pendekatan Induktif-Deduktif Berbasis Konstruktivisme. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Hapsari, Julia M. (2011). Upaya Meningkatkan Self Confident Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/7385/1/p-30.pdf

Herdian. (2010). Kemampuan Generalisasi Matematika. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-generalisasi-matematis/.

Hudoyo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA Univeristas Negeri Malang.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. (2011). Models Of Teaching. (diterjemahkan oleh Achmad Fawaiz dan Ateilla Mirza). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta, 2007.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta, 2006.

Rahman. (2004). Meningkakan Kemampuan Pemahaman Dan Kemampuan Generalisasi Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbalik. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Rosita, H. (2010). Perkembangan Psikologi Kepribadian. [Online]. Tersedia: http://digilid.ac.id/gdl

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sapa’at, A. (2006). “Pendekatan Keterampilan Metakognitif untuk Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswaâ€. Jurnal Pendidikan XXV, (2), 4-12.

Suherman, E., dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Common Text Book). Bandung: JICA UPI.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Bandung: Makalah FPMIPA UPI.

Susanti, dkk. (2013). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan CTL antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Madium. [Online]. Tersedia: http://download.portalgaruda.org

Sutarto, H. (2010). Komparasi Pemahaman Konsep dan Generalisasi Matematika Antara Student Research dan Direct Instruction Berbantuan Geometers’s Sketchpad. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Wulandari, I. (2012). Peningkatan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Yuliana, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Differentiated Instruction (DI) terhadap Kecemasan Matematika (Math Anxienty), Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMK. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v2i1.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search