PENGARUH PENGGUNAAN YOUTUBE TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Fitria Zana Kumala

Abstract


ABSTRACT

Interest and motivation in learning are factors that greatly influence learning outcomes. This study aims to analyze the effect of Youtube videos on students’ interest and motivation in learning Mathematics at the State Islamic University of Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto by applying Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) method. The variables used in this study are latent variables with the number of samples amounting to 160 samples. The analysis was carried out using SmartPLS 3.0 software. The findings revealed that Youtube videos had a significant direct positive effect on the students’ learning interest (p value = 0.000 < 0.05) with a path coefficient of 0.415, Youtube videos also had a significant direct positive effect on the students’ learning motivation (p value = 0.000 < 0.05) with a path coefficient of 0.260. The learning interest, on the other hand, had a significant direct positive effect on the students’ learning motivation (p value = 0.000 < 0.05) with a path coefficient of 0.529. Youtube videos had a significant indirect positive effect - through learning interest - on the students’ learning motivation (p value = 0.000 < 0.05) with a path coefficient of 0.220. Furthermore, the results showed that the total effect of YouTube videos on the students’ learning motivation is significant (p value = 0.000 < 0.05) with a path coefficient of 0.480. The effect of Youtube videos on the students’ learning interest is 16.7%, the remaining percentage is influenced by other variables. The effect of Youtube videos and learning interest on the students’ learning motivation is 45.5%, the rest is influenced by other variables. The YouTube videos were able to predict the students’ learning interest of 0.093 with low criteria whereas the YouTube videos and the learning interest were able to predict their learning motivation of 0.327 with moderate criteria. In general, this study shows that YouTube videos had a significant positive effect on the students’ learning interest and motivation in online mathematics learning.

Keywords: Structural Equation Modeling; YouTube; Learning Interest; Learning Motivation

 

ABSTRAK

Minat dan motivasi belajar merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan YouTube terhadap minat dan motivasi belajar matematika mahasiswa Program Studi Tadris Matematika Universitas Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan variabel-variabel laten dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 160 sampel. Dilakukan analisis dengan menggunakan software SmartPLS 3.0 dan didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan YouTube berpengaruh positif langsung terhadap minat belajar secara signifikan (p value=0.000< 0.05) dimana koefisien jalur sebesar 0.415, penggunaan YouTube berpengaruh positif langsung terhadap motivasi belajar secara signifikan (p value=0.000< 0.05) dimana koefisien jalur sebesar 0.260, minat belajar berpengaruh positif langsung terhadap motivasi belajar secara signifikan (p value=0.000< 0.05) dimana koefisien jalur sebesar 0.529 dan penggunaan YouTube berpengaruh positif tidak langsung terhadap motivasi belajar melalui minat belajar secara signifikan (p value=0.000< 0.05) dimana koefisien jalur sebesar 0.220. Selanjutnya, dapat diketahui pula bahwa pengaruh total penggunaan YouTube terhadap motivasi belajar signifikan (p value=0.000< 0.05) dimana koefisien jalur sebesar 0.480. Pengaruh penggunaan Youtube terhadap minat belajar adalah sebesar 16.7%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain dan pengaruh penggunaan Youtube dan minat belajar terhadap motivasi belajar adalah sebesar 45.5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Penggunaan YouTube mampu memprediksi minat belajar sebesar 0.093 dengan kriteria rendah dan penggunaan YouTube dan minat belajar mampu memprediksi motivasi belajar sebesar 0.327 dengan kriteria sedang. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan YouTube akan berpengaruh positif signifikan terhadap minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring.

Kata Kunci: Structural Equation Modeling; Penggunaan YouTube; Minat Belajar; Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Asrul, & Afil, M. (2020). Dampak Pembelajaran Online terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kendari, 1–15.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 85–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905/2796

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 48–53.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafida, H., Lilih, L., Wilanika, W., Ludi, L., & Sapta, S. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring di tengah Pandemi Covid-19.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). In Sage.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Handayani, D., Nurhayati, N., & Herawati, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2710

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Harahap, L. K. (2020). Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square). FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN WALISONGO SEMARANG.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. F. Atif (ed.)). Refika Aditama.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A New Criterion for Assessing Discriminant Validity in Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 1(43), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Heriyati. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.31294/w.v9i2.2094

Hidayatulloh, M. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media YouTube terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, I. K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video YouTube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1081

Juitania, J., & Indrawan, I. G. A. (2020). Dampak Penggunaan Konten Youtube terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Pamulang. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6539

Kamal, M. (2021). Kurangnya Minat Belajar Siswa di Tengah Masa Pandemi Covid-19. https://www.kompasiana.com/muhamad60160/60a54657d541df218e3ae752/kurangnya-minat-belajar-siswa-di-tengah-masa-pandemi-covid-19?page=all

Kumala, F. Z., Sugiarti, S., & dkk. (2021). Peran Keluarga dalam Memperkuat Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 (Y. Hidayat (ed.); 1st ed.). Mitra Karya. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=9_wP9hIAAAAJ&citation_for_view=9_wP9hIAAAAJ:d1gkVwhDpl0C

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Refika Aditama.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. https://doi.org/10.10358/JK.V5I1.588.G566

Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Refo, M. A. (2018). Efektivitas Media Youtube dalam Pembelajaran Tutorial untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.

Ririn Puspita, T., Niko Kurniawan, L., & Karim, N. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM), 2(2), 1–15.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengaturan Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 440–448.

Tohari, H., & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh Penggunaan YouTube terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p1--13 PENGARUH

Yuliana, D., & Aminullah, N. F. (2020). Pengaruh Media Video YouTube terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Simulasi Digital di SMK Negeri 1 Suboh Situbondo. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 38–53. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i1.61

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search