Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi aljabar berdasarkan teori Jean Piaget (Penelitian pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 30 Kota Tasikmalaya)

Nadia Zulfa Kosasih, Supratman Supratman, Redi Hermanto

Abstract


Aljabar merupakan untaian paling abstrak dalam matematika, hal ini menyebabkan peserta didik sering kali melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal mengenai materi aljabar. Kesalahan tersebut dapat diminimalisir dengan terlebih dahulu mengetahui sejauh mana kemampuan atau pengetahuan yang dimiliki peserta didik melalui analisis proses berpikir peserta didik saat memecahkan suatu masalah.. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan kepada peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 30 Kota Tasikmalaya dengan memberikan tes berupa soal pemecahan masalah sebanyak 2 soal, peserta didik mengalami asimilasi prosedural pada tahap memahami masalah, dimana peserta didik mampu menyebutkan semua informasi yang terdapat dalam soal. Peserta didik mengalami akomodasi konseptual pada tahap membuat rencana, dimana peserta didik melakukan kesalahan dalam mengubah informasi dalam soal ke dalam bentuk aljabar dengan membuat model matematika dan melakukan perhitungan penjumlahan pada suku yang tak sejenis. Peserta didik mengalami akomodasi prosedural pada tahap melaksanakan rencana, dimana peserta didik melakukan kesalahan yang diakibatkan kesalahan konseptual sebelumnya. Peserta didik tidak melakukan tahap memeriksa kembali jawaban yang telah didapat.

Kata kunci: kesalahan, pemecahan masalah, aljabar



Full Text:

PDF

References


Booth, J. L., Barbieri, C., Eyer, F., & Paré-Blagoev, E. J. (2014). Presistent and pernicious errors in algebraic problem solving. Journal of Problem Solving. 7(Special Issue), 10—23. http://dx.doi.org/10.7771/1932-6246.1161.

Fradianzah M., Y. O., & Slamet (2012). Upaya perbaikan kesalahan siswa menyederhanakan operasi bentuk aljabar dengan pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, 3(1), 1—8. Retrivied from: http://jurnal-online.um.ac.id.

Hartati, S. J. (2009). Karakteristik Proses Berpikir Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada saat Melakukan Aktivitas Membagi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 153—162. Retrivied from http://eprints.uny.ac.id/.

Herman, T. (2000). Strategi pemecahan masalah (problem-solving) dalam pembelajaran matematika. Paper presented at the Kegiatan Asistensi Guru Madrasah Ibtidaiyahdan Tsanawiyah, Retrivied from http://file.upi.edu.

Hidayati, F. (2010). Kajian kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam mempelajari aljabar. Skripsi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.

Imelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2014). Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 1—13. Retrivied from: http://jurnal.untan.ac.id.

Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan Newton pada soal cerita matematis. Jurnal PARADIKMA, 1(8), 37—51. Retrivied from: http://digilib.unimed.ac.id.

Krulik, S., Rudnick, J. A., & Milou, E. (2003). Teaching Mathematics in Middle School: A Practical Guide. Allyn and Bacon.

Khanifah, N. M., & Nusatara, T. (2013). Analisis kesalahan penyelesaian soal prosedural bentuk pangkat bulat dan scaffoldingnya. Jurnal Online Universitas Malang, 1—14. Retrivied from http://jurnal-online.um.ac.id.

Mukhlisah. (2015). Pengembangan kognitif jean piaget dan peningkatan belajar anak diskalkulia. Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 118—143. Retrivied from http://jurnalki.uinsby.ac.id.

Ramadhani, A. N., Yuwono, I., & Muksar, M. (2016). Analisis kesalahan peserta didik kelas VIII SMP pada materi aljabar serta proses scaffolding-nya. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 1(1), 11—22. Retrivied from http://journal.umpo.ac.id.

Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Jogjakarta, Indonesia: Kanisius.

Supratman. (2018). Developing Piaget’s theory in mistakes construction of knowledge when problem solving through analogical reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 1.

Wahbi, A., & Bey, A. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar ditinjau dari objek matematika pada siswa kelas VIII SMPN 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1). 17—30. Retrivied from http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2991

Wardhani, W. A., Subanji, S., & Dwiyana, D. (2016). Proses berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Manson. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3). 297—313. Retrivied form http://journal.um.ac.id.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. Dalam Prosiding Seminar Nasional FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia. Retrivied from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131569335/Makalah%205%20Desember%20UNY%20Jadi.pdf.

Zain, M., Idris, M., & Rizal, M. (2016). Analisis pemecahan masalah aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3). 359—372. Retrivied from: http://jurnal.untad.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i1.666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search