Pengembangan bahan ajar berorientasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMA pada materi peluang

Ratna Utama, Nurul Anriyani, Aan Hendrayana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar matematika yang berorientasi pada penguatan pendidikan karakter yang valid. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang meliputi tujuh langkah pokok, yaitu: potensi masalah, kemampuan peneliti sebagai pengembang, produk yang dikembangkan, konsep produk, pengembangan produk, uji ahli, dan uji coba lapangan. Kevalidan buku ajar diperoleh berdasarkan data dari angket penilaian para ahli, yaitu ahli materi, ahli pendidikan matematika, dan ahli media. Penilaian ahli materi diperoleh hasil presentase kelayakan sebesar 88.57%, katagore kelayakan sangat kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak untuk digunakan, Ahli pendidikan matematika diperoleh persentase kelayakan 96.55% dan kategori kelayakan sangat kuat, serta ahli media diperoleh hasil presentase kelayakan sebesar 100%, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sangat layak untuk digunakan. Keterbacaan dan kepraktisan buku ajar diperoleh dari data angket penilaian siswa yang hasilnya persentasi sebesar 88.1%. Secara keseluruhan peserta didik merasa puas dengan bahan ajar berupa buku teks. Terdapat beberapa kekurangan dalam bahan ajar tersebut, tetapi bahan ajar sudah dapat dikatakan layak pakai untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Disimpulkan bahwa bahan ajar matematika yang berorientasi pada penguatan pendidikan karakter pada materi peluang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.

 

Kata kunci: bahan ajar matematika, penguatan pendidikan karakter, peluang

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. 2013. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

As’ari, A. R. 2018. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Integrasi Budaya, Psikologi, dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika dan Pembelajarannyaâ€.

Buchori. M. 2007. Character building dan pendidikan kita, dari http://www. kompas.co.id/kompas-cetak/0607/26/ opini/2836169.htm. diunduh 27 Novem-ber 2014.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdiknas.

Hartoyo, A. “Pembinaan Karakter dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Jurnal STKIP PGRI Banjarmasin. Vol. 1, Nomor 1, Januari – April 2015, ISSN 2442 – 3041.

Husaini, A. “Pendidikan Katakter: Penting, Tapi Tidak Cukupâ€, dalam Diskusi Sabtuan. Bogor: INSISTS, 2010

Mendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Pub. L. No. 21 Tahun 2016, 1. Indonesia.

Mendiknas. (2001). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen, Pub. L. No. 36, 27. Indonesia.

Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Tim Puslitjaknov.

Riduwan. (2003). Dasar-dasar Statistika. (P. D. Iswara, Ed.) (3rd ed.). Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D (26 th ed). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i1.663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search