Validitas Model Pembelajar IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Yayan Eryk Setiawan, Mustangin Mustangin

Abstract


Salah satu hal penting dalam pembelajaran matematika adalah menekankan pemahaman konsep. Namun, kesalahan konsep dalam menyelesaikan masalah matematika masih umum ditemukan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan konsep adalah mengembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini disebut model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply). Setelah berhasil dirancang, validitas model pembelajaran IDEA diuji. Tes validitas model pembelajaran IDEA dilakukan oleh 2 ahli dan 1 praktisi. Hasil uji validitas model pembelajaran IDEA menunjukkan bahwa model pembelajaran IDEA valid dan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep.

One of the important things in learning mathematics is to emphasize understanding of concepts. However, concept errors in solving mathematical problems are still commonly found. One solution that can be done to overcome the concept errors is to develop a learning model to improve concept understanding. This research aims to develop a learning model that can improve concept understanding. The learning model developed in this study is called the IDEA learning model (Issue, Discussion, Establish, and Apply). After successfully designed, the validity of the IDEA learning model was tested. The validity test of the IDEA learning model is conducted by 2 experts and 1 practitioner. The validity test results of the IDEA learning model show that the IDEA learning model is valid and can be used to improve understanding of concepts.



Full Text:

PDF

References


Adna, S. F. (2017). Deskripsi tipe kesalahan mahasiswa dalam uas mata kuliah statistika penelitian pendidikan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 29–36. doi: 10.31941/delta.v5i2.553

Adna, S. F. (2017). Deskripsi tipe kesalahan mahasiswa dalam uas mata kuliah statistika penelitian pendidikan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 29–36.

Afifah, D. S. N., Nafi’an, M. I., & Putri, M. I. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 207–220. doi: 10.24252/mapan.2018v6n2a7

Afriadi, J. (2019). Identifikasi Kesalahan dan Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Topik SPLDV. Math Educa Journal, 2(2), 231–243. doi: 10.15548/mej.v2i2.191

Arvianto, I. R. (2017). Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Integral Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 36–47.

Fachrurrozy, M., Muslimin, & Saehana, S. (2017). Program Studi Pendidikan Fisika ( Studi Kasus Pada Materi Kinematika Dengan Analisis Vektor ). E-Jurnal Mitra Sains, 5(2), 1–10.

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann ’ s Error Analysis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 121–134.

Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8. doi: 10.26486/jm.v2i2.398

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching (9th ed.). London, England: Pearson Education.

Lembang, S. T., & Ba’ru, Y. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier Pada Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal KIP, 6(3), 249–256.

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29. doi: 10.30870/jppm.v10i1.1290

Mills, J. (2019). Making Multiplication Meaningful: Teaching for Conceptual Understanding. Teachers and Curriculum, 19(1), 17–25. doi: 10.15663/tandc.v19i1.334

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Rosmaiyadi. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 59–70.

Setiawan, Y. E. (2015). Analisis Domain dan Dampak Mathematical Knowledge for Teaching Terhadap Pengajaran. In Hobri (Ed.), Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC). Jember: FKIP Universitas Jember.

Setiawan, Y. E. (2019). Peta Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Lumajang: AL-Mukmin Yes.

Setiawan, Y. E., Sunardi, & Kusno. (2016). Pengembangan Paket Tes Geometri untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis. In G. Muhsetyo, E. Hidayanto, & R. Rahardi (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dengan tema “Pengembangan 4C’s dalam Pembelejaran Matematika: Sebuah Tantangan dalam Pengembangan Kurikulum Matematikaâ€. Malang, Indonesia: Bintang Sejahtera.

Setiawan, Y. E., Purwanto, Parta, I. N., & Sisworo. (2020). Generalization Strategy of Linear Patterns From Field-Dependent Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(1), 77–94. doi: 10.22342/jme.11.1.9134.77-94




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search