PELATIHAN MENJAHIT DALAM MENINGKATKAN MOTIF BERWIRAUSAHA DI SKB KOTA TASIKMALAYA

Miranti Widiastuti, Adang Danial, Lesi Oktiwanti, Didik Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pelatihan menjahit dan bagaimana motif berwirausaha peserta pelatihan melalui program pelatihan menjahit di SKB Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kulitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, partisipan dalam penelitian ini adalah pengelola, intruktur dan peserta pelatihan data dadaptakan dengan snowball sampling. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaana pelatihan menjahit di SKB Kota Tasikmlaya ini sudah berjalan dengan baik dengan 10 patokan penmas serta dapat meningkatkan motif berwirausaha peserta pelatihan sendiri dengan keterampilan menjahitnya motif berwirausaha ini timbul karena adanya kebutuhan yang mendesak peserta pelatihan sehingga melakukan sesuatu (perilaku) dalam hal ini prilaku yang ditunjukan adalah dengan mengikuti pelatihan menjahit. Motif dari mengikuti pelatihan menjahit ini didorong karena adanya akan kebutuhan untuk mendapatkan keterampilan guna membuka usaha sendiri atau berwirausaha.             


Full Text:

PDF

References


Ahmadi,Abu.( 2009).Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka.

B. Weiner. (1990). History Of Motivational Research In Education. Journal Of Educational Psyhology. 82(4).

Daryono.Bintoro (2014) Manjemen Diklat.Malang:Penerbit Gava Medina.

Ghufron, M Nur & Rini Risnawita . (2012). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi. Sutrisno. Teknik Analisis data Kualitatif Kuantitatif [online]. Tersedia : http://www.slideshare.net/NastitiChristianto/teknik-analisis-data-kuantitatif-dan-kualitatif [ 5 Oktober 2018].

Hamzah. (2006.) Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamil, Mustofa (2012). model pendidikan dan pelatihan. Bandung: Alfabeta.

KBBI. Pengertian motivasi [online]. Tersedia https://kbbi.web.id/motivasi [5 Oktober 2018] M.M, Ir Hendro (2011) Dasar Dasar Kewirausahaan . Jakarta : Erlangga.

Lutfi. (2010). Skripsi “Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa

Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang†FIP Universitas Padang.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rogers, Alan. (2003). Non-Formal Education flexible schooling or particatory education. China : University of Hong Kong.

Saiman, L. (2009). Kewirausahaan, Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwono, Sarlito. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarwono, Sarlito. (2002). Psikologi Sosial Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarwono, Sarlito. (2009), Pengantar Psikologi Umum.Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Saiman, Leonardo. (2011). Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Y. & Bayu, K. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Vroom, Victor H. (1964) Work and motivation / Victor H. Vroom New York : John Wiley & Sons.

Visiuniversal. Solikhin, Akhmad. Pengertian Sanggar Kegiatan Belajar dan pengembangannya [online]. Tersedia : https://visiuniversal.blogspot.com/2018/02/pengertian-sanggar-kegiatan-belajar-skb.html [6 oktober 2018].

Wikipedia, pengertian motivasi. [online]. Tersedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi [ 5 Oktober 2018].

Wikipedia. pengertian menjahit [online]. Tersediahttps://id.wikipedia.org/w iki/Menjahit. [5 oktober 2018].

Wukir. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta : Multi Presindo




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v4i2.1604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944