PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN KAIN TENUN SUTRA BERMOTIF KEARIFAN LOKAL

Winwin Amelia, Syaefuddin Syaefuddin, Lesi Oktiwanti, Ahmad Hamdan

Abstract


Pengembangan Desa wisata Sukajaya perlu didukung oleh partisipasi masyarakat dalam mengenalkan produk ciri khasnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desa wisata melalui kain tenun sutra bermotif kearifan lokal di Desa Wisata Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sumber data didapatkan dari Pengelola Desa Wisata, masyarakat Kelurahan Sukajaya dan pengrajin kain tenun. Teknik pengambilan data penulis menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dipilih adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pengembangan desa wisata dilakukannya sebuah pemberdayaan masyarakat yang ditunjukan dengan ikut berpartisipasi dalam pengelolaan aspek Desa Wisata Sukajaya dan mengikuti kegiatan pelatihan sebagai usaha untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat agar dapat terjun ke dunia pertenunan. Ciri khas yang membedakan kain tenun sutra dari Desa Wisata Sukajaya dengan yang lain terletak pada motifnya. Kain tenun sutra dari Desa Wisata Sukajaya memiliki motif bunga yang berukuran cukup besar yang dinamakan dengan motif bunga puspa. Motif bunga pada kain tenun sutra yang mempunyai filosofi keindahan alam Kabupaten Garut. Kain tenun sutra bisa menjadi produk ciri khas Desa wisata Sukajaya yang mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisata dan membeli hasil kain tenun sutra sehingga Desa Wisata Sukajaya menjadi lebih berkembang menjadi lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Sakti Suryo H. (2012). Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (sebuah pendekatan konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardiyanti. (2016) Kain Tenun Tradisional Desun Sade, Rembitan, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suparjan dan Hempri Suyanto. (2003). Pengembangan Masyarakat dari Pembangunan Sampai Pemberdayaan. Yogyakarta : Aditya Media.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v4i2.1605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944