STUDI DESKRIPTIF LAYANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKEAKSARAAN DI PROVINSI DKI JAKARTA

ADI IRVANSYAH

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan layanan Taman Bacaan Masyarakat ditinjau dari konsep pendidikan Multikeaksaraan di DKI Jakarta. Berawal dari fenomena yang menunjukkan tingkat keberaksaraan masyarakat di DKI Jakarta tidak lagi pada membca dan menulis secara dasar tetapi keberksaraan yang dibutuhkan di DKI Jakarta lebih bersifat komprehensif.. Selain itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peran Taman Bacaan Masyarakat dalam memelekkan aksara masyarakat dilihat dari Pendidikan multikeaksaraan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survai, penelitian deskriptif bertujuan untuk menempatkan kondisi pada fokus penelitian. Data yang diperoleh dapat dideskripsikan sesuai fenomena yang terjadi ditempat penelitian. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah pengelola TBM di Wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa layanan taman bacaan masyarakat bukan hanya sekedar perpustakaan yang menyediakan koleksi buku, tetapi layanan taman bacaan masyarakat dapat diakses dengan pengembangan keberaksaraan masyarakat secara komprehensif, sehingga layanan Taman Bacaan Masyarakat berfungsi sebagai sumber belajar masyarakat, tempat belajar masyarakat dan tempat rekreasi masyrakat. Terintegrasinya layanan digital literasi, layanan mendongeng, bedah buku memberikan warna terhadap keberaksaraan masyarakat yang memberikan pengaruh kepada literasi masyarakat secara menyeluruh, sehingga dapat menciptakan budaya masyarakat pembelajar.


References


Arta FS Sinaga, (2007), Education for Sustainable Development (EfSD), Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Copyright © 2006-2007. BP-PLSP Regional I.

Maruf Akbar Imanurdin dalam Seminar Nasional Strategi Penuntasan Wajar Melalui Pendidikan Kesetaraan, 25 Agustus 2006.

Syamsuddin, Mochamad dkk. (2003)15 Langkah Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup, Jakarta : Direktorat Kepemudaan, Ditjen PLS Depdiknas.

Sudjana, Djudju, M. Ed., Ph. D., (2006) Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah – Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sudradjat, Hari, DR., M.Pd., (2003), Pendidikan Berbasis Luas (BEE) Yang Berorientasi Pada Kecakapan Hidup (Life Skill) : Bandung: CV Cipta Cekas Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, ISSN: 25417045
 
http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jendelapls
View My Stats