WORKSHOP PERANCANGAN DAN APLIKASI ALAT PERAGA MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Ipah Muzdalipah, Ratna Rustina, Eko Yulianto

Abstract


Berdasarkan teori perkembangan mental Piaget, bahwa rata-rata proses berpikir siswa Sekolah Dasar (SD) masih berada pada tahapan operasional konkret, artinya siswa SD masih belum cukup untuk berpikir abstrak matematis. Oleh karena itu, guru harus mampu memberikan scaffolding yang tepat dalam mengonstruksi proses berpikir matematis siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna. Penggunaan alat peraga matematika bisa dipandang sebagai salah satu alternatif guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru-guru matematika kelas 4 dan kelas 5 SD dalam membuat dan menggunakan alat peraga (fisik dan software) di salah satu kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Sebelumnya diidentifikasi bahwa guru-guru tersebut belum begitu akrab dengan pemanfaatan alat peraga matematika dalam pembelajaran. Selain karena terbatasnya toko-toko alat peraga matematika, kreaitvitas guru-guru matematika dalam membuat alat peraga sendiri masih sangat kurang. Program pengabdian dilakukan dengan memberikan materi pentingnya alat peraga dalam pembelajaran, kajian standar isi silabus pendidikan matematika SD, hakikat alat peraga beserta tata cara pembuatannya, praktik kerja membuat alat peraga, lesson study pembelajaran menggunakan alat peraga, dan evaluasi efektivitas workshop dengan memberikan angket dan diskusi. Program ini diikuti oleh 77 guru SD kelas 4 dan kelas 5 SD. Hasil workshop menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan guru tentang dasar teori serta prinsip kerja alat peraga matematika, guru memperoleh pengalaman nyata dalam membuat alat peraga, meningkatnya keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan alat-alat peraga matematika serta menggunakannya dalam pembelajaran. Luaran dari pengabdian ini adalah buku panduan pembuatan alat peraga matematika.

Kata Kunci: Alat peraga matematika

Full Text:

PDF 106-111

References


Widyanti. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika

Depdiknas. 2010. Pedoman Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD

Rohayati, A. 2012. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.