PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM IPA BAGI GURU IPA DI LINGKUNGAN SMP/MTs SE-KECAMATAN CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA

Suharsono Suharsono, Endang Surahman, Rinaldi Rizal Putra

Abstract


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki karakteristik khas dan kompleksitas tersendiri dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Ketercapaian tujuan pembelajaran IPA salah satunya didukung oleh adanya kegiatan praktikum yang berperan dalam pembuktian fenomena-fenomena alam yang terjadi di sekitar. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah seringkali didapati ketiadaan alat/bahan praktikum atau kurangnya kompetensi pendidik dalam menggunakan alat dan bahan tersebut. Tujuan dilaksanakannya program pengabdian pada masyarakat Ipteks Tepat Guna bagi Masyarakat (ITGbM) “Pelatihan Penggunaan Alat-alat dan Bahan Laboratorium IPA bagi Guru IPA di Lingkungan SMP/MTs se-Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya†adalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pendidik pengampu mata pelajaran IPA melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan alat-alat dan bahan laboratorium IPA. Target yang ditetapkan dalam Ipteks Tepat Guna bagi Masyarakat ini yaitu guru-guru IPA yang berada pada jenjang SMP/MTs di wilayah Kecamatan Cikatomas diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan alat-alat dan bahan laboratorium IPA untuk keperluan praktikum, sehingga mampu memberikan wawasan pembelajaran IPA yang lebih komprehensif kepada para peserta didik. Luaran yang akan dihasilkan dari program ini adalah buku panduan penggunaan dan pemeliharaan alat-alat dan bahan laboratorium IPA, keterampilan dalam penggunaan dan pemeliharaan alat-alat dan bahan laboratorium IPA, dan keterampilan dalam manajerial laboratorium IPA berbasis sekolah.

 Kata kunci: alat dan bahan laboratorium, Kecamatan Cikatomas, guru IPA, SMP dan MTs


Full Text:

PDF 112-116

References


Anonim. 2016. Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kec. Cikatomas. (http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_smp.php?kode=021205&level=3). Diakses tanggal 20 April 2016.

-----------. 2015. Statistik Daerah Kecamatan Cikatomas 2015. Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya.

-----------. 2013. Alamat Pondok Pesantren Kab. Tasikmalaya. (http://jabar.kemenag.go.id/index.php?a =artikel&id=27517&t=4912&t=4912&t=4912). Diakses tanggal 20 April 2016.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Setiawan, Doni., Setiawan, Arum., Kamal, Mustafa., Nofyan, Erwin., Aminasih, Nita. 2013. Pelatihan Penggunaan Alat-Alat Laboratorium untuk Meningkatkan Pemahaman Praktikum IPA-Biologi bagi Guru SMP di Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 80 – 87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.