ITGbM PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEAHLIAN ANAK YATIM PIATU DI PANTI ASUHAN HIFDHUL MURSALIN TASIKMALAYA

Muhammad Adi Khairul A, Aldy Putra A

Abstract


Panti Asuhan Hifdhul Mursalin yang berlokasi di Bungursari Kota Tasikmalaya belum sepenuhnya memiliki program untuk meningkatkan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi, sehingga untuk membuat atau memanfaatkan produk teknologi informasi pun masih jauh dari harapan. Padahal keterampilan terhadap penguasaan teknologi informasi saat ini sangat diperlikan. Berangkat dari hal tersebut, maka diusulkan sebuah kegiatan dalam rangka memberikan bekal keahlian dalam bidang pengembangan produk multimedia. Kegiatan telah dilaksanakan di Laboratorium Komputer INTRO Jurusan Teknik Informatika Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Materi yang diberikan dalam kegiatan ialah tentang pembuatan presentasi menggunakan aplikasi Powerpoint, pengolahan gambar menggunakan aplikasi Adobe Photoshop dan dasar animasi menggunakan Adobe Flash. Secara Keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik. Peserta kegiatan terlihat sangat antusian mengikuti setiap tahapan kegiatan. Untuk kedepanya diperlukan kegiatan lanjutan berupa pendampingan yang bermanfaat untuk mengarahkan anak asuh lebih focus mendalami salah satu produk multimedia hingga produk tersebut siap untuk dipasarkan.

Kata Kunci : keahlian, produk multimedia, presentasi, animasi.

Full Text:

PDF 117-120

References


Departemen Sosial RI, 2004

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. The Systematic Design Of Instruction. USA: Addison-Wesley Educational Publisher Inc. 2001.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. Educational research: An introduction. Seventh Edition. Boston: Pearson Education, Inc. 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.