TERAMPIL MENGGUNAKAN GEOMETER’S SKETCHPAD

Eva Mulyani, Ike Natalliasari, Siska Ryane Muslim

Abstract


Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar guru matematika SMP se-Kota Tasikmalaya terampil menggunakan Geometer’s Sketchpad dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah tutorial penggunaan Geometer’s Sketchpad dalam pembelajaran matematika dan workshop membuat disain pembelajaran matematika berbasis Geometer’s Sketchpad. Sebagai Mitra dalam Pengabdian Masyarakat ini adalah sekolah SMP Negeri 4 Tasikmalaya yang beralamat di Jl. Jl. R. A. A. Wiratanuningrat No.10 Tasikmalaya dan SMP Negeri 13 Tasikmalaya yang beralamat di Jl. Letjen H. Ibrahim Adjie Km.2 Indihiang Tasikmalaya. Sebagai garis koordinasi, kedua kepala sekolah SMP Negeri 4 Tasikmalaya maupun SMP Negeri 13 Tasikmalaya bersedia untuk mengkoordinir seluruh SMP Negeri di Kota Tasikmalaya yang berjumlah 21 sekolah, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dengan jumlah peserta sebanyak 41 orang.guru yang mengajar di 21 SMP Negeri yang ada di Kota Tasikmalaya. Hasil dari skegiatan ini adalah panduan guru tentang penggunaan software Geometer’s Sketchpad dalam pembelajaran matematika serta disain pembelajaran matematika berbasis Geometer’s Sketchpad.

Kata Kunci: Desain, Pembelajaran matematika, Geometer’s Sketchpad

Full Text:

PDF 141-145

References


Natalliasari, I. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Makalah pada Seminar Tingkat Nasional Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tidak diterbitkan

Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt)Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Online. http://ut.ac.id. [15 April2016]

Sungkono. (2015). Pemilihan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://uny.ac.id. [20 April 2016]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.