Iptek Tepat Guna Bagi Masyarakat Pelaku Usaha Keripik Pisang Desa Bojonggedang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis

Kartawan Kartawan, Dian Kurniawan, Indi Ramadhani

Abstract


Usaha Mikro selama ini turut berperan menjadi pilar ekonomi nasional dan mampu menopang sendi-sendi perekonomian bangsa dimasa sulit dan krisis. Desa Bojonggedang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat yang memiliki potensi sumberdaya manusia yang menjanjikan dapat dilihat dari terbentuknya Kelompok Wanita Tani Pitaloka yang bergerak di bidang pengolahan pisang, yang biasanya dijual langsung dalam satuan tandan mulai diolah menjadi keripik dan sale yang memiliki potensi yang menjanjikan. Akan tetapi, perkembangan teknologi menyebabkan kelompok usaha ini mengalami kesulitan dalam bersaing dipasaran sehingga menyebabkan banyak produk yang tidak laku terjual disebabkan masih menggunakan kemasan plastik sederhana sehingga produk kurang menimbulkan daya tarik bagi calon konsumen baru. Selain itu, jangkauan distribusi yang masih sempit dikarenakan masih melakukan sistem pemasaran tradisonal (menunggu pembeli). Untuk memecahkan permasalahan di atas maka kami melakukan Iptek Tepat Guna Bagi Masyarakat Pelaku Usaha Keripik Pisang Desa Bojonggedang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis dengan kegiatan seminar kewirausahaan dan produksi, serta pelatihan pemasaran dan pengemasan. Luaran kegiatan: peningkatan kemampuan dan pengetahuan tentang kewirausahaan, produksi, pemasaran dan pengemasan, pemberian 1 unit mesin sealer.

Full Text:

PDF 210-214

References


Amin Widjaja Tunggal. (2008). Pengantar Kewirausahaan. Edisi Revisi. Jakarta: Harvarindo.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Veithzal Rivai. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Cetakan ke-3. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sang Saniaka Tajul Fitri. (2014). Peranan Kemasan Dalam Industri Kecil Makanan. Diakses 30 Januari 2016, dari http://www.kemendag.go.id/pusdiklat/news/wawasan/24

Profil Desa Bojonggedang. Diakses 30 Januari 2016, dari https://kecamatan-rancah.ciamiskab.go.id/?page_id=676


Refbacks

  • There are currently no refbacks.