PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI PENINGKATAN KARIER GURU-GURU SEKOLAH DASAR KOTA TASIKMALAYA

A.A. Gde Somatanaya, Linda Herawati, Setya Wahyuningsih

Abstract


Tujuan diadakannya pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi peningkatan karier guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya khususnya wilayah utara yaitu agar guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya khususnya wilayah utara dapat membuat PTK berkualitas secara berkesinambungan. Bentuk dari pelatihan atau penyuluhan ini yaitu dengan cara melaksanakan workshop pelatihan perancangan dan penerapan model-model pembelajaran pelaksanaan PTK dalam proses pembelajaran, pelatihan pengambilan dan analisis data dalam pelaksanaan PTK, pelatihan cara interpretasi dan penyimpulan hasil pelaksanaan PTK dan menuangkan hasil dalam karya tulis ilmiah, pelatihan cara analisis statistik, serta membuat laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Target yang ditetapkan dalam IPTEK Tepat Guna  bagi Masyarakat (ITGbM) ini yaitu guru mampu menerapkan model-model pembelajaran di kelas, menganalisis data penelitiannya dengan analisis statistika, menghasilkan PTK yang berkualitas, meningkatnya hasil belajar peserta didik sebagai hasil dari perbaikan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru melalui PTK. Sehingga Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dapat tercapai, bahkan diharapkan dapat melampaui KKM, serta meningkatnya pangkat dan golongan guru-guru Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya. Luaran yang akan dihasilkan adalah proposal dan laporan PTK yang berkualitas, buku model-model pembelajaran di Sekolah Dasar, sebagai pedoman bagi-guru-guru dalam membuat proposal dan laporan PTK, dan publikasi ilmiah/jurnal kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (ITGbM) yang dipublikasikan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan/penyuluhan, pembimbingan dan pendampingan yang terintegrasi dalam kegiatan workshop penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi peningkatan karier guru-guru sekolah dasar Kota Tasikmalaya telah dilaksanakan sebanyak 3  kali pertemuan, setiap pertemuan peserta workshop diberikan materi yang berbeda,yang meliputi materi model-model pembelajaran di SD, analisis statistika untuk penelitian dan menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas. Setelah peserta pelatihan menerima materi pelatihan atau penyuluhan, setiap peserta pelatihan diberikan pendampingan dan pembimbingan dalam proses pembuatan laporan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pengabdian pada masyarakat ini adalah guru-guru SD di Kota Tasikmalaya sebanyak 41 orang. Selama kegiatan pengabdian ini berlangsung, ada 4 orang peserta pelatihan yang sudah dapat menyelesaikan laporan PTK dengan baik, dan 37 orang diantaranya masih dalam proses pembuatan laporan penelitian tindakan kelas.

Kata kunci: Pelatihan, Pendampingan, Pembimbingan, Workshop, Penelitian Tindakan Kelas  (PTK).

Full Text:

PDF 169-175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.