PEMBENTUKAN DOKTER CILIK SEBAGAI BAGIAN DARI UNIT KESEHATAN SEKOLAH (UKS) ( di SDIT At-Taufik Al-Islamy dan SDIT Ibadurrohman)

Kamil Roesman Bahtiar, Iseu Siti Aisyah

Abstract


Implementasi program pemberdayaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah merupakan upaya penanaman perilaku hidup sehat kepada peserta didik sejak dini. Pelatihan dokter cilik sebagai bagian dari UKS memiliki beberapa tujuan yaitu meningkatkan pengetahuan tentang hidup sehat kepada siswa SD, memberikan keterampilan melakukan upaya pertolongan pertama pada siswa yang sakit, mengajak dan mempromosikan hidup sehat kepada teman sebayanya. Kegiatan ini memberikan solusi kepada sekolah dasar yang belum mengadakan UKS. Target dari kegiatan ini adalah SDIT At-Taufiq Al Islamy dan SDIT IBadurrahman yang belum memiliki UKS. Luaran yang dihasilkan yaitu terbentuknya dokter cilik di sekolah tersebut, meningkatnya pemahaman tentang pentingnya UKS dan adanya media promosi kesehatan tentang pentingnya UKS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), praktek menjadi dokter cilik disertai pelatihan. Telah dilaksanakan pendidikan kesehatan mengenai doker cilik di dua sekolah dan dilanjutkan dengan pembentukan dokter cilik sebanyak 25 orang untuk tiap sekolah. Hasil pre test dan post test menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan.

Kata Kunci: dokter cilik, Unit Kesehatan Sekolah, Pelatihan, Pembentukan

 


Full Text:

PDF 92-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.