PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM DI PONDOK PESANTREN AL HASANAH DESA CIKADONGDONG KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Iwan Hermansyah, Rani Rahman, Maman Suherman

Abstract


ABSTAK

Pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal  menjadi lembaga pendidikan agama yang juga menyediakan pendidikan formal sehingga tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan agama saja, tetapi bidang  ilmu lain mereka milki pula, sehingga kiprahnya nanti para alumni dari pesantren tersebut di masyarakat bisa mandiri dan tidak hanya memiliki pengetahuan bidang agama saja tetapi mereka juga memiliki pengetahuan ilmu yang lain dalam mengembangkan wirausaha untuk  memenuhi kebutuhan hidup dan penghidupannya nanti. Tujuan dan target khusus  kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema IbP ini diperuntukkan kepada pelaku  Usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) Alumni dan santri Pondok Al Hasanah  di Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Singaparna. Hasil survey diketahui ternyata, masih ada  kurangnya pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh pelaku UMKM dalam mengelola keuangan menjadi masalah yang cukup urgent karena mereka kurangnya pengetahuan mengenai pencatatan keuangan dan pengelolaan keuangan (akuntansi), buruknya metode pencatatan transaksi yang dilakukan serta penentuan harga pokok sering  dilakukan secara  sederhana dan intiutif, tanpa menghitung  biaya yang telah dikeluarkan secara cermat juga  masih tercampurnya keuangan pribadi pemilik dengan keuangan usaha Untuk memecahkan permasalahan tersebut, kami melakukan dengan memberikan  pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh para alumni  pelaku UMKM terdiri dari lima orang pelaku UMKM Alumni dan 15 orang santri  Pesantren Al Hasanah  di Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya bermitra dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya serta dengan pihak Pondok Pesantren Al Hasanah. Output pelaksanaan kegiatan IbP ini adalah Buku Panduan dan Jurnal Pengabdian.


Full Text:

PDF 95-101

References


DAFTAR PUSTAKA

Bambang Riyanto.2008. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE.

Bastian, Indra 2002. Akuntansi Pendidikan. Jakarta : Erlangga.

Hanafi, M. Mamduh. 2008. Manajemen Keuangan, Edisi 1. Yogyakarta : BPFE

Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Martono dan Harjito, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Edisi 3. Yogyakarta : Ekonisia.

Mowe, M. Maryanne and Hansen, R. Don.2007. Managerial Accounting. USA : Thomson South-Western

Saefudin, Asep dan TIM Crescent. 2003. Menuju Masyarakat Mandiri (Pengelolaan Model Sistem Keterjamina Sosial). Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Terry, George R. 2003. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta : Bina Aksara.

Yustika. Ahmad Erani. 2005. Ekonomi Kelembagaan (Definisi, Teori dan Strategi) Malang : Penerbit Banyumedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.