ITGbM IMPLEMENTASI APLIKASI MANAJEMEN BANK SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DAN OPTIMALISASI UNIT USAHA PENGELOLAAN SAMPAH DI TASIKMALAYA

Cecep Muhamad Sidik R, Andi Nur Rachman, Rahmi Nur Shofa

Abstract


Mitra BST Cabang Singaparna dan BST Cabang Cikunir merupakan sebuah organisasi yang dibawah binaan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman dan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, tetapi Bank Sampah Tasikmalaya belum sepenuhnya tersentuh Sistem Informasi. Permasalahan yang diangkat adalah Tidak adanya sistem informasi yang berjalan, besarnya biaya operasional yang didapat dari proses pengumpulan sampah dari masyarakat di setiap unit usaha yang tersebar, dan semakin banyaknya unit usaha di Bank Sampah Tasikmalaya dengan lokasi yang tersebar di wilayah Tasikmalaya mengakibatkan kurangnya controlling dalam proses bisnis yang dilakukan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menyediakan Aplikasi Manajemen Bank Sampah sebagai media sistem informasi bank sampah yang memiliki fungsi utama sebagai sarana kontrol terhadap unit usaha yang tersebar sebagai mitra, dimana akan dihasilkan integrasi pelaporan transaksi yang dilakukan dari setiap unit usaha yang ada. Usulan pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam beberapa tahapan kegiatan, yaitu; (1) Tahap pendahuluan. Tahap ini telah dilakukan, yaitu merupakan analisis awal (observasi) pada mitra dan mencari solusi dari masalah tersebut. Target dari tahap ini memperoleh masalah mitra dan menentukan solusinya. (2) Tahap Pengumpulan Data dan Informasi, adalah dengan melakukan proses analisa dari data yang terkumpul, diambil dan disusun ulang untuk selanjutnya dijadikan masukan untuk tahapan selanjutnya. (3) Tahap Analisa dan Konklusi, tahap ini adalah proses pengukuran sejauh mana sistem informasi diperlukan oleh setiap unit usaha yang terdapat di Bank Sampah Tasikmalaya (4) Tahap Perancangan Sistem Informasi. Tahap ini yaitu pembuatan sistem informasi dengan rekayasa perangkat lunak menggunakan konsep SDLC (Software Development Life Cycle). Tujuan dan target khusus kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah Meningkatkan Kontrol dan Optimalisasi Unit Usaha Pengelolaan Sampah melalui Aplikasi Manajemen Bank Sampah Web dan pendampingan penggunaannya menggunakan teknologi informasi pada Mitra Bank Sampah di Tasikmalaya.

Full Text:

PDF 72-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.