PENYULUHAN PELATIHAN AKUNTANSI PENCATATAN KEUANGAN DI KECAMATAN MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA KALIMANTAN SELATAN

Aris Setia Noor, Berta Lestari

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada anggota masyarakat yang berlokasi di Mandastana Kabupaten Barito Kuala khususnya di desa tebing rimbah. Kelompok ini cukup potensial karena didukung oleh kondisi alam yang memadai dan  sarana prasarana kelompok yang lengkap. Namun demikian, pengelolaan usaha dari kelompok ini masih dilakukan secara sederhana dan belum menerapkan manajemen secara profesional. Demikian pula kelompok ini masih sederhana walaupun sudah menggunakan bantuan buku. Oleh karena itulah maka kelompok ini perlu untuk meningkatkan kompetensi dalam hal pengolahan laporan keuangan secara mendasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan PPM ini adalah Ceramah untuk menyampaikan teori dan konsep-konsep yang sangat prinsip dan penting untuk dimengerti serta dikuasai oleh peserta pelatihan. Materi yang diberikan meliputi: pembikinan laporan keuangan mulai dari tingkat dasar, Demonstrasi untuk menunjukkan suatu proses kerja sehingga dapat memberikan kemudahan bagi peserta pelatihan.


Community service activities are addressed to community members located in Mandastana, Barito Kuala District, especially in riparian cliff villages. This group is quite potential because it is supported by adequate natural conditions and complete group infrastructure facilities. However, the business management of this group is still done simply and has not implemented professional management. Similarly, this group is still simple despite using the help of books. Therefore, this group needs to improve the competence in terms of processing financial statements in a fundamental way.The methods used in this PPM activity are The lecture to convey theories and concepts that are very principles and important to be understood and mastered by the trainees. Materials provided include: fabrication of financial statements starting from the basic level, Demonstration to show a work process so as to facilitate the trainess



Full Text:

PDF 68-71

References


Bambang Riyanto, 2007, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat Cetakan Ketujuh, BPFE, Yogyakarta

Hansen & Mowen, Management Accounting, Buku 1, Edisi ke-9 Salemba Empat, Jakarta 2005

Henry Simamora, Akuntansi Manajemen, Salemba Empat, Jakarta, 2005

Ikatan Akuntan Indonesia, 2017, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Johar Arifin, 2009, Analisis Laporan Keuangan Berbasis Komputer, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Moeljadi. 2006. Manajemen Keuangan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif jilid 1. Bayumedia Publishing. Malang.

Munawir. 2008. Analisis Laporan Keuangan.Liberty.Jogjakarta,.

Ridwan, S. Sundjaja, Prof. Dr. Drs. MSBA, dkk. 2003. Manajemen Keuangan. Literata Lintas Media. Jakarta.

Sabari, Agus. 2002. Manajemen Keuangan. Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN. Yogyakarta.

Wild Jhon J., Subramanyam KR., Hasley Robert F.(Yasivi S. Bachtiar, S. Nurwahyu Harahap). 2005. Analisis Laporan Keuangan, Edisi 8. Salemba Empat. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.